SMAN 11 Semarang Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

Dalam rangka menjalankan program Sekolah Ramah Anak (SRA), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, seluruh siswa SMA Negeri 11 Semarang, Bapak Ibu guru,karyawan SMA Negeri 11 Semarang, PPL UNNES, PPL UPGRIS, orang tua, dan ketua komite SMA Negeri 11 Semarang mendeklarasikan gerakan Sekolah Ramah Anak ketika apel pagi, Jumat (3/11/2023).

Dalam pelaksanaan apel Kepala SMA Negeri 11 Semarang, Ibu Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd. memberikan sambutan sekaligus membacakan deklarasi Sekolah Ramah Anak yang berjumlah sembilan  komitmen dan ditirukan oleh seluruh peserta apel. Komitmen ini dibacakan bersama sebagai tanda bahwa SMA Negeri 11 Semarang mendukung penuh terciptanya sekolah yang ramah anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya tanda tangan petisi yang dilakukan oleh warga sekolah pada kain putih yang sudah disediakan.

Pada kegiatan ini seluruh siswa, bapak ibu guru, staf karyawan, PPL UNNES, PPL UPGRIS, orang tua, dan ketua komite SMA Negeri 11 Semarang terlihat sangat bersemangat dan antusias. SMA Negeri 11 Semarang berusaha mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, menolak bullying, dan berbudaya lingkungan hidup, dan mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya.

Dalam mewujudkan sekolah yang ramah anak tentunya SMA Negeri 11 Semarang harus memiliki lingkungan yang bersih. Hal ini dapat diwujudkan dengan menjaga lingkungan agar bersih dari sampah. Seluruh warga sekolah dihimbau untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya. Ketika apel pagi Ibu Tri Widiyastuti juga mengadakan simulasi “Semutsacuta” yaitu semeter pungut sampah lanjut cuci tangan. “Ambillah sampah yang ada di sekitar kita, sampah yang terdekat, dalam jarak satu meter ada sampah kita ambil lalu buang pada tempatnya dan jangan lupa untuk mencuci tangan” ujar Kepala sekolah yang terkenal sangat ramah ini. Beliau juga menyampaikan bahwa SMA Negeri 11 Semarang telah menjadi juara satu untuk lomba Sekolah Sehat tingkat Cabdin Wilayah 1 Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, harapannya seluruh warga sekolah bisa bertanggung jawab dan ikut menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Komite Bapak Dr. Harto Nuroso, M.Pd. “Harapannya di SMA Negeri 11 Semarang tidak akan ada kekerasan. Para siswa saling gandeng tangan, toleransi, dan peduli satu sama lain, sehingga tidak ada lagi perundungan juga kekerasan, baik yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, siswa terhadap guru, maupun sesama siswa,” ujar Harto Nuroso. 

Penulis : Rita Emiliya, S.Pd., Guru SMAN 11 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang