Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Di Kelas XI SMK Negeri 10 Semarang Melalui Aplikasi Quizizz

Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, integrasi teknologi menjadi kunci untuk memperkaya pengalaman pembelajaran. Terlebih sebagian besar aplikasi/program di gawai telepon seluler atau komputer jinjing menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Generasi Z yang sekarang menjadi siswa, termasuk siswa SMA/SMK, Sebagian besar menyenangi bermain game dengan gawai telepon seluler di manapun dan kapanpun di sebagian besar waktu mereka. Oleh karena itu, perlu dicari solusi jalan tengah, bila guru ingin menggunakan aplikasi gawai, maka dipilih aplikasi yang familiar bagi dunia mereka. Salah satu aplikasi yang menonjol dalam konteks ini adalah Quizizz. Dengan tampilan dan cara kerja aplikasi yang mirip dengan bermain game, harapannya siswa akan menjadi senang dan menikmati proses pembelajaran di kelas maupun saat belajar mandiri di luar kelas.

Quizizz merupakan sebuah platform online yang menyajikan berbagai soal yang kreatif dan melibatkan siswa seacara penuh didalam pembelajaran sehingga hal ini dijadikan sebagai platform online yang dapat menghasilkan motivasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Menurut Gee (2003), gamifikasi dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Keunggulan aplikasi Quizizz yang pertama adalah menggunakan elemen permainan, seperti skor yang langsung tampil, bahkan bisa ditampilkan dengan leaderboard (papan peringkat), waktunya yang terbatas, dan bonus permainan, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendalam, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XI TPK 2 di SMK Negeri 10 Semarang pada materi Procedure Texts, aplikasi ini sangat membantu siswa dalam mengerjakan soal yang sebagian besar berbentuk reading comprehension dengan bukti skor rata-rata kelas di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran.  

Keunggulan berikutnya dari penggunaan aplikasi Quizizz adalah mendukung ketrampilan berbahasa. Menurut Richards dan Rodgers (2001), keterampilan mendengar dan membaca adalah aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Quizizz memungkinkan guru menyajikan audio, video, teks dan gambar secara interaktif, membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi dan memperkaya keterampilan mendengar dan membaca. Selain fasilitas variasi bahan soal, aplikasi quizizz juga mendukung bentuk-bentuk soal yang bervariasi, antara lain pilihan ganda, menjodohkan, urutan, dan masih banyak lagi bentuk lainnya.

The last but not the least, menurut Hattie dan Timperley (2007), umpan balik yang terarah dapat meningkatkan kinerja siswa. Quizizz memberikan umpan balik instan setelah setiap pertanyaan, memungkinkan siswa mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan mereka dengan cepat, yang dapat berkontribusi pada peningkatan keterampilan Bahasa Inggris mereka. Dengan pengaturan aplikasi oleh guru, memungkinkan siswa memperbaiki jawaban pada soal yang telah dijawab salah pada kesempatan sebelumnya.

Penerapan Quizizz dalam pengajaran Bahasa Inggris di kelas XI SMK Negeri 10 Semarang bukan hanya memperkaya pembelajaran, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dan efektif. Guru dapat memanfaatkan fitur-fitur Quizizz untuk mengembangkan keterampilan Bahasa Inggris siswa secara menyeluruh, menciptakan generasi pelajar yang lebih mahir dan percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris.

Penulis: Suhermawan, S.Pd., Guru Mapel Bahasa Inggris, Waka. Kurikulum