Pembelajaran dengan Ular Tangga Edukatif dimasa Pandemi

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan peserta didik tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik dan guru di rumah masing-masing. Guru dituntut bisa mendesain media pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media daring (online).Hal ini sesuai dengan Surat edaran nomor 4 Tahun 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Dengan pembelajara melalui  metode daring untuk pembelajaran kimia yang meliputi pelajaran konsep dan hitungan  ini kurang  mudah  dimengerti  oleh sebagian siswa, khususnya untuk materi lambang unsur.  Pada materi ini,   memerlukan pemahaman dan  latihan yang berulang ulang bersama guru. Oleh karena itu, untuk  memahami materi lambang unsur tersebut, di kelas X TKRO 1 guna meningkatkan motivasi belajar siswa kami memilih menggunakan permainan ular tangga edukatif yang bisa dibuat sendiri olehsiswa dirumah. Dengan mengguanakan permainan ular tangga edukatif ini siswa dapat lebih mudah menghafal lambang unsur beserta nama lambang unsur tersebut. Untuk permainan ular tangga edukatif ini harusnya melibatkan dua orang atau lebih untuk bisa menghasilkan permainan yang optimal dan siswa bisa termotivasi untuk menghafalkan lambang unsur. Tetapi karena keterbatasan pembelajaran dengan daring ini siswa dapat melakukan permainan ular tangga edukatif ini dengan teman yang rumahnya dekat dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

. Kompetensi lambang unsur saya mengingatkan peserta didik untuk membuat tabel yang digunakan untuk permainan ular tangga dirumah, siswa membuat tabel dilengkapi dengan lambang unsur kemudian di beri gambar ular dan tangga. Permainannya sama dengan permainan ular tangga pada umumnya ketika pion berhenti siswa mencatat lambang unsur dan memberi nama lambang unsur tersebut. Kemudian melanjutkan kembali permainan hingga berulang-ulang sehingga menulis lambang unsur dan namanya juga berulang-ulang. Dengan demikian peserta didik akan semakin mudah mengingat lambang unsur yang telah mereka tulis pada tabel.

Selain mengingat lambang unsur dan nama lambang unsur permainan ini juga bisa menumbuhkan semangat belajar peserta didik karena mereka belajar sambil bermain. Pada masa pandemi seperti ini motivasi belajar siswa berbeda dengan motivasi belajar pada saat kondisi normal, sehingga permainan ular tangga edukatif ini sebagai salah satu solusi pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik.

Hasil permainan ditulis dikertas kemudian diupload diesakalearning sehingga guru bisa memeriksa hasil permainan dan memantau sejauh mana siswa mengusai materi lambang unsur dengan melihat hasil evaluasi yang sudah diupload diesakalearning.

Tantangan yang dihadapi sangatlah beraneka ragam.  Di masa pandemi ini untuk membimbing siswa memahami lambang unsur ini antara lain Handphone. Siswa harus menggunakan Handphone sedangkan masih ada siswa yang tidak punya smartphone, tidak punya kuota, dan motivasi belajar kurang, Ada siswa yang selama pandemi ini tidak mengikuti pembelajaran daring justru ikut bekerja dengan alasan untuk membeli kuota. Kendala-kendala yang dialami peserta didik ini yang  menjadikan keprihatinan buat saya dan menjadikan pertimbangan untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan segala keterbatasan.

Penulis : Siti Faizah, Guru SMK N 1 Kaliwungu, Kab, Semarang