Teknologi Menjadikan Belajar Lebih Bermakna (Proyek Kolaborasi)

Ekonomi merupakan sebuah ilmu yang dinamis. Saat ini, zaman berkembang semua serba digital. Ekonomi digital kini menjadi salah satu perhatian ekonomi dunia. Adaptasi teknologi ke dalam aktivitas ekonomi mampu memberikan ruang bertransaksi yang lebih luas dan fleksibel. Akses digital yang kian menyebar juga membuat berbagai aktivitas ekonomi mampu dilakukan oleh berbagai kalangan tanpa keterbatasan tempat.

Ekonomi digital atau digital economy mengacu pada serangkaian aktivitas ekonomi yang menggunakan informasi dan pengetahuan digital sebagai faktor produksi utama. Internet, cloud computing, big data, fintech, dan teknologi baru lainnya digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan berbagi informasi secara digital dan mengubah interaksi sosial. Dengan bantuan teknologi, layanan dan transaksi ekonomi bisa berlangsung secara online menggunakan berbagai platform sesuai kebutuhan penjual dan pembeli. Produk digital pun kian berkembang seiring bertumbuhnya permintaan pelanggan. Aktivitas pembelian pun turut bergeser dari offline ke online tanpa harus meninggalkan rumah mereka masing-masing. Dengan menguasai ekonomi digital akan membuka peluang usaha yang besar sehingga dapat menjawab permasalahan yang ada di masyarakat yaitu bagaimana dapat  meningkatan pendapatan dan mengurangi angka pengangguran. Mengetahui hal tersebut, maka sangat diperlukan belajar materi ekonomi digital ini.

Pembelajaran tentang ekonomi digital dapat menjadi lebih menyenangkan dan bermakna dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Metode ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyelesaikan masalah atau proyek nyata. Proyek nyata tersebut diterapkan di SMA Islam Hidayatullah Semarang pada bulan Januari 2024 ini.

 Berdasarkan hal tersebut, siswa akan bekerja kelompok dalam projek kolaborasi antara mata pelajaran ekonomi, kimia, seni budaya dan matematika. Tujuan dari proyek ini adalah siswa dapat membuat produk  beserta informasi digital yang diperlukan. Tujuan tersebut dicapai dengan membuat aneka produk “sabun cair” (liquid soap) beserta rangkaian informasi berupa produk digital berupa label, laporan keuangan dan video iklan sabun. Ada beberapa langkah dalam projek ini antara lain

  1. Siswa membuat sabun cair (sabun cuci baju atau sabun cuci piring atau sabun cuci tangan) dan mengemasnya dalam botol
  2. Siswa membuat desain label sabun cair dengan menggunakan aplikasi procreate dan mencetaknya
  3. Siswa membuat laporan keuangan berupa laporan harga pokok produksi, prediksi penjualan dan laporan laba rugi melalui aplikasi numbers
  4. Siswa membuat video iklan sabun beserta back sound dengan menggunakan aplikasi I movie dan garage band
  5. Siswa mempresentasikan hasil karyanya dengan menggunakan aplikasi keynote

Setelah semua proses dilalui, siswa dapat mengumpulkan hasilnya pada LMS (Learning Management System) sekolah. Dan guru dapat memberikan penilaian proses dan hasil. Projek ini dapat membuka wawasan siswa di bidang ekonomi terapan yang sangat bermanfaat. Projek ini dapat meningkatkan kreativitas siswa, melatih jiwa entrepreneur, mengasah jiwa seni dan kecakapan dalam membuat laporan keuangan. 

     

Penulis : Sri Widayati, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.