SMKN 10 Semarang, SIAP BERAMAL

SMK Negeri 10 Semarang, yang dikenal dengan SMT Perkapalan, merupakan sekolah menengah kejuruan yang awal pendiriannya adalah gabungan antara STM Negeri 2 Semarang dan STM Negeri 6 Semarang, pada tanggal 18 September 1954.

Berlokasi di Jl. Kokrosono No. 75, Kelurahan Panggung Kidul, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan luas lahan 37.000 m2, membuat sekolah ini semakin strategis karena berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Sebagai sekolah menengah kejuruan unggulan, SMKN 10 Semarang memiliki Visi yaitu Terwujudnya Lulusan yang Kompeten di Bidangnya, Berakhlaq Mulia, Berstandar Nasional atau Internasional. Sedangkan school branding yang diusung adalah SIAP BERAMAL, merupakan singkatan dari kata Semangat – Inovasi – Amanah – Profesional dan Bersih – Efisien – Religius – Aman – Makmur – Akbar – Luhur. Di bawah kepemimpinan Bapak Drs. Luluk Wibowo, S.ST., MT., SMKN 10 Semarang telah memiliki 7 (tujuh) kompetensi keahlian. Di antaranya yakni:

  1. Konstruksi Kapal Baja (KKB)
  2. Teknik Pemesinan Kapal (TPK)
  3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  4. Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  5. Nautika Kapal Niaga (NKN)
  6. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  7. Teknik Pengelasan (TP)

Untuk menunjang pembelajaran kompetensi keahlian Nautika Kapal Niaga (NKN), telah tersedia Ruang Simulator guna menyiapkan para siswa dalam bidang navigasi kapal niaga. Sedangkan Teknik Pengelasan (TP) merupakan satu-satunya kompetensi keahlian yang ada di SMK se-Kota Semarang. Sehingga menjadi keunggulan tersendiri untuk SMK Negeri 10 Semarang di mata masyarakat, serta menjadi satu-satunya ‘pemasok’ lulusan yang banyak dibutuhkan oleh pihak user atau dunia industri.

Untuk mengenal lebih dekat sekolah dengan slogannya Bisa Semua SeKa_Pal Hebat Bersama, silahkan berkunjung ke website sekolah dengan alamat www.smk10smg.sch.id.

Penulis : Agus Subiyanto, Guru SMKN 10 Semarang
Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang