Serangkaian kegiatan  yang telah dilakukan bidang kesiswaan dibawah komando Eko Sugiyono,S.pd,M,Si dimulai dari Program Pemetaan Bakat dan Minat siswa yang telah dilakukan Tim Gerakan Sekolah Menyenangkan dengan ketua tim GSM yaitu Kholik S,Pd bersinergi dengan Tim Bimbingan Konseling dan Bimbingan Penyuluhan Siswa untuk memetakan passion dan minat siswa di bidang WBM (Wirausaha, Bekerja dan Melanjutkan), hal ini dilakukan untuk menentukan arah dan pemberian motivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran paradigma baru merrdeka belajar di masa pandemi sesuai dengan kompetensi keahlian amsing-masing. Terciptanya atmosfer pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa mampu mengembangkan softskill dan hardskill siswa sehingga mampu memaksimalkan potensi diri sebagai siswa SMK yang berakarakter Profil Pelajar Pancasila.

Serangkaian kegiatan berikutnya yaitu Pelaksanaan program Roots day sehingga terbentuknya agen anti perundungan sejumlah 30 siswa kelas X,XI,XII   dimana final dari acara tersebut terdeklarasi bertepatan dengan hari sumpah pemuda  tanggal 28 Oktober 2021 dengan kegiatan Roots Day dengan penampilan hasil karya siswa yang mengandung misi serta pesan moral yang telah mereka dapatkan pada acara anti bullying dan perundungan.

Dilanjut tanggal 9 desember 2021 dalam rangka hari anti korupsi sedunia sehingga terbentuk agen perubahan anti korupsi SMKN 4  Semarang.  Dalam kegiatan ini siswa mensosialisasikan aktifitas yang legal yang berhubungan dengan gerakan anti korupsi dengan sosialisasi dengan warga sekitar dan dituangkan dalam bentuk video sosialiassi gerakan anti korupsi sedunia.

Kegiatan kesiswaan jeda semester gasal diisi dengan ajang kreatifitas siswa antara lain dengan kegiatan lomba design dan logo serta poster termasuk disini adalah logo jurusan yang didesain siswa sebagai ajang pengembangan kreatifitas siswa kearah yang positif dan menginsiratif siswa yang lain.

Class Meeting semester gasal  juga dilakuna antara lain  lomba menghias Majalah Dinding (Mading),  Lomba pembuatan video dengan tema kado ibu menyambut hari ibu serta video tentang harapan siswa untuk tahun 2022.

Bukan hanya kegiatan akademik kegiatan sosial sebagai bentuk empati siswa terhadap lingkungan dan peduli sesame dilakukan dengan penggalangan dana untuk korban erupsi semeruyang dilakukan dilakukan  Gabungan dari semua organisasi intra dan ekstra sekolah dengan tema “Skaone Peduli Erupsi Semeru”.

Latihan Dasar Kepemimpinan Anggota dan reorganisasi juga telah dilakukan bidang kessiwaan antara lain Pelatikan Rokhis tanggal 8 dan 9 desember 2021,  Pelatikan Ambalan Budi Utomo tanggal 14 dan 16 desember 2021 , Pelatikan Palang Merah Remaja (PMR) tanggal 1 desember 2021 , Paskibra tanggal 3,10,17 desemner 2021, serta OSIS tangal 2 dan 10 desember 2021.

Kegiatan Pemilihan Osis dilaksanakan secara daring dengan diawali dengan  penilaian karakter dan kepribadian calon Ketua dan Wakil ketua  OSIS diselenggarakan pada tanggal 10 desember 2021 dilanjut debat calon Ketua dan Wakil Ketua mengusung  Tema “Next Generation Leaders”  dilaksanakan tanggal 17 desember 2021  untuk mengenalkan program kerja dan pasangan calon ketua OSIS. Kegiatan Pemilos dilaksanakan secara daring pada tanggal 18 desember 2021.

Kegiatan kesiswaan ini difasilitasi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mendidik dan memotivasi siswa agar dapat menjadi leader atau pemimpin dimasa depan yang mampu mendobrak mental blok serta berani berkomunikasi di depan forum dengan peningkatan soft skill dan attitude siswa  dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila.  

Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom