Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah dalam IHT Kurikulum SMKN 4 Semarang

Latar Belakang kegiatan Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah dalam IHT Kurikulum SMKN 4 Semarang Ukir Prestasi Tiada Henti berdasar Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan , Riset, dan Teknologi Nomor 165/M/2021 tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK), Program review dan merevisi KOSP, sebagai sarana penyampaikan informasi kebijakan lembaga secara menyeluruh terhadap sivitas akademika yang ada serta sarana untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah dan lembaga agar dapat dipedomani dalam menjalankan kegiatan secara menyeluruh di SMK Negeri 4 Semarang.

Tujuan laksanakannya Rapat Dinas & Pengembangan Kurikulum Operasional SMK Negeri 4 Semarang adalah sebagai antaralain: Menyampaikan informasi dan kebijakan lembaga, Menyampaikan informasi arah pengembangan kurikulum, Menyusun Kurikulum Operasional revisi Sekolah SMK N 4 Semarang, Menyusun draf Capaian Pembelajaran Konsentrasi Keahlian,  Menyusun perangkat ajar guru mata pelajaran.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain : tersampaikan informasi dan dipahami kebijakan institusi.  Tersampaikan informasi arah pengembangan kurikulum SMK Negeri 4 Semarang. Tersusunnya Kurikulum Operasional revisi Sekolah SMK N 4 Semarang.  Tersusunnya draf Capaian Pembelajaran Konsentrasi Keahlian.  Tersusunnya perangkat ajar guru mata pelajaran.

Waktu dan Tempat Kegiatan Rapat Dinas & Pengembangan Kurikulum Operasional SMK Negeri 4 Semarang akan dilaksanakan pada : Hari, tanggal : Selasa , 21 Desember 2021 Tempat : SMK Negeri 4 Semarang dengan bentuk kegiatan : secara luring dan daring Acara.

Run Down untuk acara Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah yang diselenggarakan  mulai hari selasa tanggal 21 Desember 2021 sampai dengan Kamis 23 Desember 2021 dengan diikuti oleh  Guru SMKN 4 Semarang diselenggarakan secara luring dan daring.

Acara hari 1 tanggal 21 Desember 2021 dimulai pukul 07.00  Drs, Bambang Sujatmiko sebagai Kepala SMKN 4 Semarang membuka acara dengan memberikan arahan kebijakan lembaga dan pengembangan kurikulum. Dilanjutkan dengan Aplikasi SKP Terbaro 360 oleh wakil kepala sekolah bidang Ketenagaan Berty Sagendra,S.Pd,M.Pd, dilanjut paparan oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Eko Sugiyono,S.Pd,M.Si, dengan materi kegiatan yang telah berlangsung selama 2021 dan berlanjut dengan paparan bidang kerja Humas dan Hubin Ice Faulia,S.Pd,M.Si tentang implementasi nyata dari program 8 plus I, serta ditutup dengan pembelajaran semester genap dengan narasumber urusan pengajaran yaitu Khoirunnisa S,Pd.

Acara hari ke 2 tanggal 22 Desember 2021 dimulai pukul 07.00 dengan oengembangan kurikulum KOSP oleh urusan Evaluasi  SMKN 4 Semarang Suwasono,S,Pd, dilanjutkan dengan diskusi capaian pembelajaran kelas XI dan XII oleh Waka Kurikulum Koman Wastito Edi Wibowo,S.Pd,M.Si, pukul 09.45 sd 11.46 dilanjut dengan Penyusunan Perangkat Pembekajaran oleh Urusan Bahan Ajar oleh Tim Kurikulum serta ditutup pukul 13.00 sd 15.00 dengan materi Pembelajaran P5BK oleh Tim P5BK.

Acara hari ke 3 tanggal 23 Desember 2021 melaksanakan tugas mandiri menyusun perangkat pembelajaran semester genap difasilitasi oleh sekolah dan dikumpulkan melalui google drive. Kegiatan ini  diharapkan semua peserta berperan aktif sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing serta dapat mengantisipasi kemungkinan permasalahan dan menemukan solusi pemecahan bagi pengembangan SMKN 4 Semarang kearah yang lebih baik lagi

Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN 4 Semarang)
Nara Sumber Bahan Ajar : Dyah Susi Riyanawati S.Pd
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom