Alumni SMKN 4 Sosialisaikan Sekolah Kedinasan

Kamis, 6 Januari 2022 bertempat di Lab Multimedia 1 SMKN 4 Semarang, Alumni Jurusan Multimedia Angkatan Tahun 2020 yang sekarang menjadi Taruna Madya POLTEKIP, Rhenald Daeng Lommpo, STB 4196 berkesempatan membagikan pengalamannya sekolah ikatan dinas, tepatnya di Politeknik Ilmu Pemasyaratatan

Perjalanannya kuliah di Sekolah ikatan dinas diawali ketika dirinya sempat mendaftar kuliah di PTN melalui jalur SNMPTN namun belum berhasil. Berangkat dari hal itu kemudian mencari informasi melalui media sosial, internet, dan bertanya ke teman-teman untuk informasi terkait kuliah gratis, dan akhirnya mendapat informasi tentang sekolah ikatan dinas, dimana digratiskan dari segala biaya selama pendidikan.

Setelah itu mencoba untuk mendaftar ke salah satu ikatan dinas yaitu POLTEKIP. Seleksi dijalani cukup berat dan memakan waktu yang cukup lama kurang lebih 6 bulan, yang mana seleksi diawali dengan seleksi administrasi, lalu Seleksi Kompetensi Dasar, Tes Kesehatan, Tes Kesamaptaan, Tes Psikotes, dan terakhir Wawancara, Pengamatan Fisik, dan Keterampilan. Setelah seleksi yang cukup panjang dan ketat pada bulan November tahun 2020 diterima di POLTEKIP. Hal ini merupakan sebuah pencapaian tinggi yang berhasil dicapainya.

Rhonald berpesan untuk adek-adek SMN4 Semarang segera merencanakan tujuannya setelah lulus nanti, supaya tidak kebingungan ketika lulus nanti. Membentuk mindset atau pola pikir yang baik pula, dengan mindset yang baik maka bisa meraih cita-cita. Mindset dipengaruhi oleh kebiasaan kita, apabila kebiasaan kita baik maka mindset kita akan baik pula, namun sebaliknya apabila kebiasaan kita buruk maka akan buruk pula mindset kita. Oleh karena itu perlu diperbaiki kebiasaan-kebiasaan yang buruk supaya menjadi sebuah mindset yang bagus. Disamping itu dia juga berpesan mengejar cita-cita setinggi mungkin. Ikuti bagaimana kata hati dan passion. Membahagiakan dan membanggakan kdua orang tua dengan salah satunya dapat bersekolah dengan gratis di Sekolah kedinasan. Tak bisa dipungkiri di era revolusi industri 4.0 sekarang membutuhkan SDM yang cukup terampil di bidangnya, maka dari itu peningkatan SDM bisa dilakukan dengan melanjutkan ke pendidikan tinggi. Salah satu keuntungan Sekolah kedinasan yang mana selain kuliah gratis kedepannya lulusannya akan diangkat menjadi Seorang ASN. Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN 4 Semarang)
Narasumber : Rhenald Daeng Lommpo
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom