Pembekalan Kompetensi Tambahan Siswa SMK Prov Jateng oleh BJKW IV Surabaya

Kamis, 24 Februari 2022 bertempat di Aula SMKN 4 Semarang berlangsung kegiatan Pembekalan Peningkatan Kompetensi Tambahan siswa  DPIB  SMKN 4 Semarang secara daring oleh Dirjen Bina Konstruksi Kementrian PUPR RI melalui Balai Jasa Kontruksi Wilayah ( BJKW ) IV Surabaya.

Acara tersebut juga secara serentak diikuti oleh 6  sekolah  SMK yang ada di Jawa Tengah antara lain : SMKN 4 Semarang, SMKN 2 Klaten, SMK Yasiha Gubug, SMK Satya Karya Karanganyar, SMKN 2 Pati, SMKN 5 Surakarta.

Jumlah keseluruhan siswa dari 6 SMK dari kompetensi keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) dan desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) sejumlah 475 peserta. Dan Siswa DPIB SMKN 4 Semarang sejumlah 105 peserta  pada jabatan kerja  Juru Gambar Bangunan Gedung.

Acara pembukaan hari ke 1 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dibuka pada pukul 08.00 WIB dilanjutkan dengan materi Ketentuan Peraturan Perundang-undangan dan Budaya Kerja oleh Drs. Slamet,M.Si dilanjutkan  Dasar- dasat Keselamatan Konstruksi oleh Iskandar,S.Pd. Sedangkan run down acara hari ke 2 disi dengan Penanganan Tanggap Darurat dan Pertolongan Pertama atau Kejadian Bahaya K3 Oleh Iskandar,S.Pd, dilanjut Identifikasi resiko dalam pekerjaan konstruksi serta Pengenalan Alat Berat Pekerjaan konstruksi oleh Suko Lisnanto,ST.

Drs, Bambang Sujatmiko.M.Si  selaku Kepala SMKN 4 Semarang dalam sambutannya menyatakan sangat senang dengan program yang telah diselenggarakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, khususnya  Eddy Riwanto,ST,M.Tech selaku Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, acara ini perlu dan semoga terselenggara secara rutin dengan SMK karena kegiatan ini merupakan implementasi dari peogram SMK 8 plus I , yaitu point ke 5 yaitu Sertifikasi Kompetensi, Diharapkan siswa-siswa yang mengikuti uji kompetensi ini memiliki sertifikat dan kemampuan yang telah terlisensi oleh Balai Jasa Konstruksi dan akan, meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengsn kompetensi dibidang masing-masing

Dalam acara tersebut juga masing-masing kepala sekolah antara lain SMKN 2 Klaten, SMK Yasiha Gubug, SMK Satya Karya Karanganyar, SMKN 2 Pati, SMKN 5 Surakarta memberikan sambutan dan mengharapkan kerjasama tetap terjalin setiap tahun dan menjadi agenda rutin.

Baca Juga :
https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom