9 siswa SMKN 4 Semarang ikuti kegiatan Pembinaan Patroli Keamanan Sekolah

Merujuk surat dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 nomor 420/2383 tertanggal 20 Mei 2022 SMKN 4 Semarang mendapat kepercayaan untuk megirimkan  9 siswa yakni atas nama Wafi Oktavia (XI MM1),  Patrecia Daffa (XI MM1), Nathania Anya (XI MM1), Dicky Mohamad Sahid (XI TKRO2), David Risyad Raffi (XI Animasi), Amanda Selvia (X DPIB1),Lintrang Medina (X DPIB1),Azmi Tazkyya (XDPIB1), Gilang Wahyu Ramadhan (XDPIB1), bertempat di  Hotel Plaza Jalan Setiabudi No 103 Srondol Kulon Semarang,  Selasa tanggal 24 Mei 2022 Pukul 07.00 sd selesai.

Menurut Keterangan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Eko Sugiyono,M,Si acara tersebut mendapat kepercayaan untuk mengikuti kegiatan Pembinaan Patroli Keamanan Sekolah, Kegiatan tersebut merupakan kegiatan positif yang akan menambah wawasan dan skill siswa tentang Patroli Keamanan Sekolah dan diharapkan dapat diimplelemtasikan siswa setelah acara kegiatan telah selesai.

Kegiatan tersebut berjuan untuk: Meningkatan kesadaran hukum kepada siswa di sekolah, meningkatkan partisipasi siswa dalam menjaga ketertiban dan keamanan sekolah

Narasumber 1 :BIMAS Polda jateng Bapak A. Agung Sugiarto S.H
Sekarang banyak sekali anak remaja yang difasilitasi kendaraan bermotor sebagai salah satu transportasi untuk berangkat ke sekolah. Terkadang itu tidak digunakan dengan baik contoh kecil seperti motor yang di modifikasi dan mengganti knalpot dengan knalpot brong yang suaranya menganggu lingkungan di sekitar. Penggunaan sepeda motor yang baik di atur dalam pasal 285 ayat 1, selain knalpot brong juga ada balap liar yang termasuk kegiatan yang dikategorikan sebagai kejahatan, kegiatan balap liar dapat menyebabkan kecelakaan dan kemacetan jalan.

Narasumber 2 : Bapak cambang dinas wilayah 1 Sunarto, S.Pd. M.Pd
Penjelasan umum mengenai PKS (Patroli Keamanan Sekolah) Dari dasar hukum, tujuan dan misi diadakannya PKS hingga hal apa saja yang biasanya dilakukan peserta PKS. Narasumber ini juga sering kali memberikan game berupa senam otak untuk mencairkan suasana.

Narasumber 3 : Dokes Polda Jateng Dokter Mila
Pertolongan pertama pada kecelakaan jika ada yang pingsan, hal yg harus dilakukan yaitu mengecek respon korban, kemudian tekan pada bagian tengah tulang dada dan setelah itu cek nadi dibagian bawah rahang (bisa bagian kanan ataupun kiri). Jika patah tulang usahakan jangan menggerakan bagian yang patah, pertolongan pertama yg dilakukan adalah membidai bagian yang terluka. Gejala awal hepatitis misterius adalah muntah, diare, demam, dan nyeri perut. Sedangkaan gejala lanjutannya yaitu air urin berwarna seperti teh (gelap), feses berwarna putih, mata dan kulit menguning, dan terakhir penurunan kesadaran. Hepatitis rata-rata terjadi pada anak umur dibawah 5 tahun (Balita).

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom