Kemah Bakti Organisasi dan Ekstrakurikuler SMKN 4 Semarang

Dengan mengusung tema Mendidik Anak Tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter serta dapat menghadapi dunia karir dan era globalisasi. SMKN 4 Semarang mengadakan Kemah bakti pada tanggal 26 sampai 28 Agustus 2022, berlokasi di Barak Bantir Sumowono kabupaten Semarang. Acara tersebut diikuti oleh siswa yang aktif organisasi intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yang ada di SMKN 4 Semarang.

Sebanyak 88 siswa yang berasal dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) , Ambalan, Paskibra, PMR dan Rohis. Tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan rasa nasionalisme dan implementasi P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Dalam kurikulum merdeka Profil Pelajar Pancasila menjadi acuan utama dalam memandu kebijakan pendidikan, profil pelajar Pancasila juga merupakan kompetensi lulusan yang mencerminkan kualitas generasi yang sesuai dengan dengan tujuan pendidikan nasional serta cita-cita para pendiri bangsa Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 menyatakan, “Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila”. Ada enam ciri yang menjadi dimensi atau kompetensi profil pelajar Pancasila, yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) berkebinekaan global; (3) bergotong royong; (4) mandiri; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif  


Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom