LKS SMK MKKS Kabupaten Semarang

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Semarang menyelenggarakan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) antar SMK tingkat Kabupaten Semarang 2020, Selasa (22/12/2020).
Sembilan mata lomba di beberapa bidang, dilombakan dalam kegiatan LKS yang bertema “peserta didik siap berkompetisi dan berprestasi di era digital pada masa pandemi” itu.
44 SMK di Kabupaten Semarang berpartisipasi dalam LKS tersebut. Sembilan mata lomba itu meliputi lomba teknologi automobil, teknik perawatan dan perbaikan sepeda motor, Teknologi desain grafis, teknik desain laman, teknologi informasi sistem.
Kemudian, mata lomba administrasi jaringan, teknik perancangan model 3 dimensi, teknologi informasi piranti lunak untuk bisnis, teknologi mode, dan pemasaran daring (marketing online).
Ketua Panitia LKS 2020, Bambang Gunaryo mengatakan, SMK dituntut untuk menghasilkan tamatan yang kompeten dan mampu bersaing di era global.
Guna memenuhi tuntutan tersebut, SMK melakukan upaya pemenuhan faktor-faktor pendukungnya, seperti kurikulum, SDM, keuangan, hingga sarana prasarana.
Selain itu, peserta didik perlu dibekali dengan pengalaman-pengalaman dalam berinteraksi dan berkompetisi mengimplementasikan hasil pembelajarannya.
“Pengalaman berinteraksi dan berkompetisi bagi peserta didik antara lain dilaksanakan dalam bentuk lomba kompetensi siswa (LKS) ini,” katanya.
Dikatakannya, sasaran kegiatan LKS SMK Kabupaten Semarang ini adalah peserta didik terbaik yang mewakili sekolahnya masing-masing, sesuai dengan peminatan mata lomba dan kompetensi keahlian masing-masing yang dilombakan.
Melalui LKS ini juga, lanjutnya, diharapkan dapat mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar dan meningkatkan sikap mental para peserta didik melalui suasana kompetisi antar SMK di Kabupaten Semarang.
“Selain itu, juga mencari calon peserta LKS yang mewakili Kabupaten Semarang untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Februari Tahun 2021 mendatang,” terangnya.
Setiap mata lomba dalam LKS 2020 tingkat Kabupaten Semarang tersebut, diambil juara 1-3. Setiap juara memperoleh trofi dan sertifikat (e-sertifikat)