SMK Negeri 5 Semarang Perkuat Kerjasama dengan Iduka

Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Negeri 5 Semarang bekerjasama dengan Nasmoco Majapahit mengadakan kegiatan bersama dalam paket kegiatan “Servis Hemat” yang dilaksanakan di Halaman SMK Negeri 5 Semarang. Servis dilaksanakan tiap hari, dimulai pukul 08.00 – 16.00 Wib pada tanggal 11 Januari dan berakhir tanggal 16 Januari 2021. Servis mobil dikhususkan untuk mobil merk Toyota, meskipun begitu untuk mobil merk yang lain tetap diterima.

Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Semarang, Sri Suwarno, S.Pd., M. Pd mengatakan sejak dibuka pada hari pertama ada 6 mobil, hari kedua ada 9 mobil dan hari ketiga ada 6 mobil, sehingga sampai hari ini sebanyak 23 mobil yang diservis. Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat cukup baik dengan kehadiran bengkel STEMA. Costomer berasal dari berbagai kalangan, ada yang dari dinas pendidikan, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, Karyawan maupun masyarakat umum. Kebanyakan dari customer memberikan masukan agar program seperti ini tetap dilanjutkan dan dibuat secara periodik.

Kerjasama ini bukan hanya semata servis hemat saja tetapi lebih jauh adalah sebagai wujud SMK Negeri 5 Semarang yang sedang berproses menuju sekolah berbasis Industri (kelas industri) maupun TEFA (Teaching Factory.) Hal ini sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi yaitu terciptanya link and match antara sekolah dengan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja). Ke depan kerjasama ini tidak hanya sebatas pada kegiatan servise saja tetapi berlanjut untuk kegiatan yang lain diantaranya: penyelarasan kurikulum, pemagangan siswa, pemagangan guru kejuruan, pelaksanaan uji dan sertifikasi kompetensi. Selain itu juga akan kami kembangkan kerja sama yang serupa dengan merk mobil yang lain misalnya Suzuki, Daihatzu dan lain – lain.

Servis Hemat bersama Nasmoco Majapahit ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan guru dalam memberikan pelayanan jasa servise mobil ke pelanggan secara praktik nyata / riil. Jika selama ini kegiatan praktik di sekolah masih bersifat simulasi maka dalam kegiatan ini siswa dapat langsung praktik yang sebenarnya. Ada 4 (empat) siswa kelas XI, kompetensi keahlian TKRO yang terpilih untuk terlibat dalam kegiatan ini, dipandu teknisi yang sudah berpengalaman dari Nasmoco Majapahit. Empat siswa yang terlibat nanti pada akhirnya akan menjadi mentor siswa yang lain dalam melaksanakan praktik, sehingga terjadi transfer pengetahuan dan ketrampilan dari sesama siswa SMKN 5 Semarang.

Kegiatan servise hemat ini sebagai kelanjutan dari telah diresmikanya bengkel STEMA pada 27 November 2020, dan terselenggara berkat kerjasama antara kepala bengkel Nasmoco Majapahit Bp. Bambang dan intruktur Bp. Ali Murtadho, sedang dari SMKN 5 Semarang diwakili oleh ketua kompetensi keahlian TKRO Bp. M. Zein Nasrudin, S.Pd, beserta jajaranya. Harapannya siswa / siswi lulusan Teknik Kendaraan Ringan dan otomotif SMK Negeri 5 Semarang memiliki kompetensi yang mamadai sehingga mampu bersaing di era global.