Pengembangan SMKN 3 Semarang Sebagai Pusat Keunggulan

Pendidikan vokasi pada dasarnya adalah pendidikan yang menyiapkan generasi muda untuk bekerja dan berwirausaha guna mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa. Pendidikan vokasi tidak akan terlepas pada kegiatan industri dan ekonomi, baik pada skala kecil, menengah, maupun besar. Isu relevansi pendidikan vokasi selalu menjadi topik yang tidak pernah usang dan menjadi permasalahan yang tidak pernah tuntas. Ada tiga faktor utama yang menyebabkan tidak terjadinya link and match saat ini, yaitu:

  1. Aspek kualitas, keterampilan lulusan lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh dunia kerja.
  2. Aspek kuantitas, jumlah lulusan lebih banyak dari kesempatan kerja yang ada.
  3. Aspek gaji, ketidaksesuaian gaji yang ditawarkan dengan beban kerja dan estimasi biaya hidup calon pekerja.

Dengan dikembangkannya center of excellence pada pendidikan vokasi, diharapkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mis-match dan penurunan daya saing ini dapat dieliminasi sebanyak mungkin.

SMKN 3 Semarang merupakan salah satu SMK yang menjadi Center of Excellence. Dalam upaya menyamakan persepsi, visi dan tujuan COE, sekolah menyelenggarakan sosialisasi dan program kerja Center of Excellence. Kegiatan ini diikuti oleh manajemen sekolah yang terdiri dari PMPS , Wa Ka, Ketua Program, Bendahara, Koord TU, Ketua LSP, Metua BK.

Drs. Diyana, MT selaku ketua panitia sangat yakin COE SMK N 3 Semarang pasti bisa. “Kita akan realisasikan  COE di SMK N 3 Semarang tahun ini”, Ujarnya ketika diwawancarai Tim Web Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1. Sementara itu Ibu Dra. Ummi Rosydiana. M.Par selaku Kepala SMKN 3 Semarang sekaligus narasumber kegiatan mengucapkan terima kasih atas kerja keras teman-teman panitia. Sekolah dengan branding JITU (Jujur, Inovatif, Tangguh dan Unggul) siap menyiapkan lulusan yang bisa bekerja dan berwirausaha.