Lulus SMK PL Tarcisius Semarang Siap Masuk Dunia Kerja

Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku sumber daya manusia, agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Pembentukan budaya kerja memerlukan proses yang panjang, Dimulai dari karakter kerja individu yang baik yang menjadi kebiasaan dan akhirnya membentuk karakter kerja secara kolektif yang disebut budaya kerja. Nilai dan budaya kerja merupakan bagian dari revolusi mental untuk mewujudkan manusia yang berintregitas. Mau bekerja keras dan semangat bergotong – royong.

Terdapat lima nilai – nilai dan budaya kerja yang ditetapkan sebagai acuan para karyawan untuk dipahami dan diamalkan dalam bekerja, bersikap dan berkontribusi dalam pengembangan industri./organisasi, yaitu integritas, profesional, produktif, kompetitif, inovatif. Budaya kerja yang baik mampu meningkatkan produktivitas kerja yang tinggi dari perorangan anggota organisasi dan pada gilirannya bisa meningkatkan produktivitas organisasi.

Dalam upaya mempersiapkan calon tenaga kerja tingkat madya yang punya budaya kerja yang baik dan memiliki integritas, profesional, produktif, kompetitif, inovatif, SMK PL Tarcicius  Semarang melatih 180 siswa kelas XII melaksanakan Pembekalan Siap Masuk Dunia Kerja. Adapun materi yang diberikan antara lain DUDI MENGAJAR ( Budaya Kerja dan Etos Kerja Abad Milenial), teknik membuat surat lamaran kerja, Teknik membuat CV, Teknik membaca iklan lowongan kerja, Proses rekrutmen, Teknik wawancara kerja, Teknik assesmen psikologi dan assesmen kompetensi, Praktik membuar berkas lamaran kerja.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah yang pertama Dr. (Cand) Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog (HRD BPR Restu Grup). Kemudian Bapak Hendrawan Santoso (PT Sutindo Raya Mulia), Veronika Setiyani (PT Jawa Surya Kencanaindah), dan Theresia Linda Tetelepta, S.A.P, CPHCM (Tim HRD BPR Restu Grup).

Ibu Siwi Pratiwi, S.Pd. selaku Ketua Panitia Kegiatan berharap para siswa lulus SMK PL Tarcisius menjadi calon tenaga kerja tingkat madya yang punya budaya kerja yang baik dan memiliki integritas, profesional, produktif, kompetitif, inovatif, sehingga siap masuk dunia kerja.

Sementara Br. Titus Totok Tri Nugroho, S.T. mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan ditangani secara profesiaonal dan sepenuh hati, dengan narasumber yang handal dan menguasai bidangnya, maka dapat terlaksana dengan sangat baik, dan semoga berdampak positif bagi para siswa, yaitu menjadi calon tenaga kerja tingkat madya yang punya budaya kerja yang baik dan memiliki integritas, profesional, produktif, kompetitif, inovatif, yang siap masuk dunia kerja, “ Ujar Kepala SMK PL Tarcicius Semarang.