Peresmian Apotek Pendidikan Yaphar

Sekolah Menengah Kejuruan membutuhkan sarana untuk melatih siswa memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA, selain praktik kerja di industri yang waktunya terbatas, dibutuhkan sarana lain yang sesuai dan bisa diterapkan sehari hari oleh siswa.

Baru-baru ini Yayasan Pharmasi Semarang yang membawahi SMK Yayasan Pharmasi meresmikan Apotek Pendidikan Yaphar. Tujuan dari pendirian Apotek adalah sebagai sarana untuk menghadirkan dunia industri dan dunia kerja di sekolah. SMK Yayasan Pharmasi Semarang yang memiliki jurusan Farmasi klinis dan Komunitas, Bisnis daring dan Pemasaran konsentrasi pemasaran farmasi, kimia industri konsentrasi industri farmasi, maka tepat kiranya memiliki sarana berupa apotek.

Dengan adanya Apotek milik sendiri maka kebutuhan akan keahlian sesuai jurusan akan lebih terpenuhi. siswa bisa melaksanakan praktik kerja sesuai setiap saat dan waktunya lebih leluasa. Selain itu teaching factory juga bisa dilaksanakan pengembangan jiwa wirausaha juga semakin bisa maksimal. Siswa dijadwalkan praktik kerja tiap hari secara bergantian. Dengan kegiatan dan sarana ini diharapkan kualitas kemampuan siswa menjadi lebih meningkat.

Kepala SMK Yayasan Pharmasi, Ibu Rahayu Wahananingtyas,S.Pd.,M.Pd berharap dengan pendirian Apotek Pendidikan Yaphar pembelajaran akan semakin berkualitas dan lulusan sesuai dengan harapan sekolah dan IDUKA.

Penulis : Nurul Rahmawati, Guru SMKN 1 Tuntang