SMA Al Islam Semarang Terapkan Inovasi Belajar di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir satu tahun. Dan itu berarti anak-anak belajar dari rumah selama tahun pembelajaran berlangsung. Banyak keluhan dari orang tua terkait dengan menurunnya semangat belajar anak-anak.

Kondisi ini disikapi oleh SMA Al Islam dengan melakukan pembelajaran yang inovatif dan juga memberikan life skill kepada siswanya. Terobosan yang dilakukan adalah siswa diajari proses pengolahan telur asin. Dwi Anggraeni, salah satu guru sekolah ini mengatakan inovasi belajar ini untuk mewujudkan kembali antusias anak-anak dalam melaksanakan pembelajaran. “Dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut, siswa sangat antusias. Selain itu, diharapkan siswa dapat memperoleh wawasan dalam berkreasi”, Ujar Bu Dwi sapaan beliau.

Kreatifitas guru didukung penuh oleh Kepala Sekolah, Ibu Salis Farida, S.Pd. Pada kesempatan yang sama beliau mengatakan bahwa sekolah sangat mendukung inovasi pembelajaran tersebut. Kebosanan dalam belajar secara online bisa diatasi dengan pemberian pembelajaran life skill dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Penulis : Nurul Rahmawati, Guru SMKN 1 Tuntang