SMAN 16 Semarang Luncurkan E-Presensi

Semarang, – Presensi merupakan hal yang penting dalam menunjang pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal itu lah yang menjadikan SMAN 16 Semarang sangat konsen dalam membuat presensi siswa yang memudahkan siswa dan yang terpenting kredibilitasnya tinggi. E-Presensi SMAN 16 Semarang diluncurkan pada semester genap ditahun 2021 ini  melalui portal https://presensi.sman16smg.sch.id/. Siswa hanya perlu mengklik link tersebut melalui HP android di tangan masing-masing.

Pelaksanaan presensi ini dilakukan setiap hari setiap pagi dan sore hari. Siswa akan disuguhkan berbagai kolom untuk diisi sesuai pembelajaran hari itu, mulai dari Membaca Al Quran, Berjemur, Materi Pembelajaran dan sebagainya. Hasil presensi juga mereka dapat langsung mengeceknya bisa harian ataupun presensi dalam sebulan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat siswa sekaligus untuk pengawasan agar siswa dapat mengikuti PJJ dengan lebih baik lagi

E-Presensi ini merupakan aplikasi yang kami kembangkan untuk meningkatkan pelayanan kita terhadap siswa terutama untuk mendorong pelaksanaan PJJ dengan baik dan lancar, setelah kami meluncurkan berbagai aplikasi lain seperti E-Voting untuk pemilihan Ketua OSIS dan MPK, serta aplikasi CBT untuk pelaksanaan tes PAS (Penilaian Akhir Semester),” ungkap Idhi Triatmojo.

Menurutnya, aplikasi E-Presensi ini kedepannya akan terus dikembangkan agar dapat digunakan untuk presensi guru mapel juga agar presensi guru mapel lebih praktis dan mudah. “Seperti yang dituturkan Ibu Wiwin Sri Winarni S.S, Selaku Kepala SMAN 16 Semarang E-Presensi ini dibuat untuk mengevaluasi program pembelajaran di semester ganjil, sehingga di semester  genap ini kami SMAN 16 Semarang meluncurkan E-Presensi ini untuk memudahkan siswa dalam PJJ dimasa pandemi Covid-19, dan orangtua juga bisa memantau anaknya mengikuti pembelajaran atau tidak”

Semoga dengan diluncurkan E-Presensi ini dapat membawa perubahan yang baik, terutama partisipasi siswa dan semangat siswa dalam proses belajar mengajar.
Penulis : Ahmad Ulin & Sigit Pandu | Guru SMAN 16 Semarang