Maju Bersama TeFa Animasi SMK N 4 Semarang, Ukir Prestasi Tiada Henti

TeFa singkatan dari Teaching Factory, menjadi salah satu solusi pada pembelajaran di SMK. Hal ini berguna untuk membantu siswa meningkatkan skill atau keterampilan mereka dengan adanya produksi barang. Adanya TeFa pada SMK dapat mendorong siswa untuk lebih meningkatkan skill dan berorientasi pada produk nyata yang dihasilkan. Teaching Factory (TeFa) adalah suatu model pembelajaran yang bernuansa industri melalui sinergi antara sekolah dengan dunia usaha atau industri dan dunia kerja (DUDIKA) untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri kerja.

Dengan alasan tersebut di atas, SMK Negeri 4 Semarang terdorong untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis TeFa guna terus meningkatkan skill siswanya. Kompetensi keahlian Animasi menjadi pilot project pembelajaran berbasis TeFa ini. Kepala SMK Negeri 4 Semarang, Drs. Bambang Sujatmiko, M.Si. mengungkapkan bahwa SMKN 4 Semarang menyiapkan tenaga terampil yang bisa bekerja, melanjutkan di perguruan tinggi atau berwirausaha. Selain itu, lembaga ini mempunyai rencana mutu yaitu proses output, outcome. Namun, sebelumnya ada input yang merupakan proses menguatkan pendidikan karakter berbudaya kerja industri dan berwirausaha sehingga menyiapkan peserta didik siap bersaing Go Internasional.

Tefa Animasi SMKN 4 Semarang merupakan Tefa yang bergerak di bidang animasi, menggandeng Urak Urek Studio dan Digini Animasi, sebagai industri pasangan untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Tefa Animasi SMKN 4 Semarang dirintis mulai pada tahun 2019. Atas arahan dari Ibu Endang Budiraharjo, selaku Staf Kemendikbud untuk me-lauchingkan program Teaching Factory di setiap SMK di Indonesia, Tefa Animasi SMKN 4 Semarang resmi launching pada tanggal 22 November 2019. Tefa Animasi SMKN 4 Semarang bergerak di bidang industri kreatif, khususnya di bidang Animasi. Urak Urek Studio dan Digini Animasi sebagai Industri Pasangan membantu dalam menyiapkan peserta didik Tefa Animasi SMKN 4 Semarang agar mempunyai kompetensi di bidang Pembuatan Game Adventure, Naskah, Storyboard Artist, 3D Modelling, Texturing, Rigging, 3D Animate, Lighting, Rendering dan Compositing.

Salah satu andalan hasil karya peserta didik adalah film animasi “Super Kepo” yang menggambarkan pahlawan super Semarang. Film ini terinspirasi dari hewan ikonik khas Jawa Tengah yaitu Kepodang. Selain itu, Urak Urek Studio dan Digini Animasi juga melibatkan peserta didik Tefa Animasi SMKN 4 Semarang dalam pembuatan proyek yang digarap oleh perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan agar kompetensi peserta didik Tefa Animasi SMKN 4 Semarang sudah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja khususnya di bidang animasi.

Penulis : Eka Ida Aprijanti, S.Pd., Guru SMKN 4 Semarang

Editor: Nurul Rahmawati E., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang