MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Semarang Belajar GSM

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah wadah bagi guru mata pelajaran tertentu untuk membahas berbagai hal, saling berbagi ilmu dan pengalaman antara guru mata pelajaran dari berbagai sekolah. MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Semarang untuk petama kalinya mengadakan kegiatan dalam masa pandemi ini. Kegiatan MGMP ini di lakukan untuk berbagi ilmu dan juga untuk memberikan penghargaan kepada anggota yang sudah purna dan menjadi kepala sekolah di SMA Negeri 16 Semarang.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 16 Semarang, pada hari Rabu, 10 Maret 2021, salah satunya adalah berbagi ilmu tentang branding SMA Negeri 16 Semarang yaitu Sekolah Kreatif dengan dipilihnya sebagai salah satu model sekolah dengan GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan) yaitu gerakan sosial bersama guru untuk menciptakan budaya belajar yg kritis, kreatif, mandiri dan menyenangkan. Dimana siswa diajak belajar dengan gembira dan tidak merasa jenuh seharian di sekolah.

Dalam kegiatan MGMP ini, Ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Semarang, Ibu Ratih Pratiwi, M.Pd. mengajak para guru untuk memantaskan diri, dengan cara terus belajar dan
menambah pengalaman, salah satunya adalah dengan berkunjung ke sekolah-sekolah. Dari SMAN 16 Semarang bapak ibu guru Bahasa Inggris belajar bagaimana mengkolaborasikan bebebrapa pelajaran dalam satu aktifitas belajar siswa. Beliau juga mengajak semua guru untuk terus belajar meningkatkan kemampuan mengajar dengan berbagai variasi mengajar ; baik dengan kolaborasi, penggunaan gadget dan pemanfaatan lingkungan sekitar.

MGMP Bahasa Inggris juga mulai menyiapkan diri dengan pembuatan Learning Management Sysrtem (LMS) , agar terjadi persebaran pengetahuan antar guru bahasa Inggris secara cepat dan merata. Dengan pengaktifan LMS maka semua guru Bahasa Inggris dapat menyumbangkan materi dan juga menggunakan materi yang ada dalam LMS utk memperkaya sumber belajar siswa dan untuk bisa digunakan di semua sekolah yang ada di Kabupaten Semarang.