Kunjungi SMK Nusapersada, Istri Panglima TNI Apresiasi Karya PT Detch Engineering

Istri Panglima TNI, Nanny Hadi Tjahjanto mengunjungi SMK Nusapersada di Dusun Karangbalong, Desa Bener, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/3). Nanny  Hadi Tjahjanto sebagai Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) melihat langsung produksi desain dan industri manufaktur di SMK Nusapersada. Yasarini membawahi puluhan Sekolah Angkasa Indonesia (TK/SMP/SMA/SMK/SLB) yang tersebar di seluruh Pangkalan TNI AU.

Perlu diketahui, SMK Nusapersada (di bawah Yayasan Nusapersada) dan Akademi Teknik Wacana Manunggal (ATWM/di bawah Yayasan Wacana Manunggal) Salatiga telah berkolaborasi dengan PT Dtech Engineering Salatiga. Mereka melaksanakan program pendidikan berkelanjutan (sustainable education program). Program tersebut tidak hanya terkait sekolah dan perkuliahan, tetapi juga pemberian beasiswa, praktik kerja dan magang, produksi barang manufaktur kebutuhan pasar dari hasil desain sendiri, penyerapan tenaga kerja, dan kerja sama lainnya.

PT Dtech Engineering merupakan industri yang dipimpin Arfian Fuadi (direktur), seorang anak muda lulusan SMK yang namanya mendunia. Arfian Fuadi telah memproduksi ribuan desan produk teknologi, yang dibutuhkan industri dunia, mulai dari elektronik, otomotif, hingga pesawat terbang. Dengan kerja sama itu, PT Dtech Engineering melaksanakan produksi di gedung praktik baru yang telah dibangun di komplek SMK Nusapersada.

Perusahaan itu mengembangkan desain manufaktur, produksi CNC (computer numerical control), dan produksi berbagai kebutuhan industri dunia. ”Inovasi dan desain produk yang dibuat di tempat ini (SMK Nusapersada) menjadi pengalaman dan bisa dicontoh di Sekolah Angkasa Indonesia yang berada di bawah yayasan kami. Ke depan bukan tidak mungkin akan dibentuk jalinan kerja sama,” kata Nanny Hadi Tjahjanto.

Kerja Sama

Ketua Pengurus Yayasan Wacana Manunggal-Yayasan Nusapersada, Drs Purwanto MPd, mengungkapkan rasa bangga atas kunjungan istri Panglima TNI ke lembaga pendidikan di bawah naungan yayasan yang dipimpinnya. Pihaknya membuka pintu kerja sama dalam bidang pendidikan untuk kemajuan anak bangsa. Hadir dalam kunjungan tersebut,

Hadir saat kunjungan tersebut Direktur ATWM Drs Joko Suparno MT, Kepala SMK Nusapersada Drs Joko Margono MPd, Ketua Yayasan Wacana Manunggal Eddy Leksono, dan Suroso Kuncoro SH MH (pengurus yayasan). Lalu hadir Wakil Ketua Umum Yasarini Inong Fadjar Prasetyo (istri KSAU), Dan Lanud Adi Soemarmo Marsma Agus Setiawan, dan para kepala Sekolah Angkasa Indonesia.

Arfian Fuadi mengungkapkan, apa yang dilakukan selama ini merupakan wujud kepedulian dirinya untuk pengembangan teknologi dan memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk belajar teknologi. Dia juga ingin membuktikan para pemuda Indonesia yang telah dibekali kemampuan teknis mampu membuat produk-produk suku cadang yang dibutuhkan industri dunia.

Di gedung praktik yang berada di SMK Nusapersada saat ini, telah didesain dan diproduksi 15 ribu part (suka cadang) yang dibutuhkan industri motor Indonesia. Kolaborasi PT Dtech Engineering dengan SMK Nusapersada dan ATWM itu bertujuan melatih generasi muda menguasai teknologi dan memiliki kemampuan inovasi, serta kreativitas menciptakan produk kebutuhan industri.