GERMAS Melalui Duta Gizi dan Agen Rempah

Gerakan masyarakat hidup sehat atau yang disingkat menjadi GERMAS, merupakan tindakan sistematis dan dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Tentunya, GERMAS juga bisa ditanamkan kepada peserta didik di sekolah. Salah satunya adalah dengan pembentukan UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Dinas Kesehatan Kota Semarang menunjuk 10 SMA atau SMK terpilih untuk mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan, guna meningkatkan program UKS. Salah satunya adalah SMA Islam Hidayatullah (SMAHA).

Pada hari Rabu, 17 Maret 2021, Farizka Maya (XI MIPA 2), Andini Nadya (XI MIPA 2), Syahda Shofwa (XI MIPA 2), dan Ainul Khusna (XI MIPA 2) sebagai Kader Kesehatan Remaja (KKR) perwakilan dari SMAHA, megikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan di rumah Pelangi Nusantara Semarang. KKR tersebut diikuti  remaja yang dipilih atau sukarela mengajukan diri untuk ikut melaksanakan upaya pelayanan terhadap kesehatan diri sendiri, teman, keluarga, serta masyarakat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ibu Sinta. Kemudian para peserta mendapatkan berbagai macam informasi seputar GERMAS, contohnya GERMAS di sekolah, yaitu pembentukan UKS dan pemanfaatan pekarangan untuk tanaman sayur dan buah, kantin sehat, serta penjadwalan kegiatan olahraga atau peregangan rutin. Di sisi lain, contoh GERMAS secara individu yaitu dengan cara kelola stres, mengkonsumsi sayur dan buah, olahraga, dan minum tablet penambah darah, informasi seputar gizi remaja, dan lain-lain. Mereka juga diajak untuk bermain games seputar GERMAS.

Dalam kegiatan tersebut, setiap perwakilan dari sekolah mendapatkan gelar sebagai Duta Gizi dan Agen Rempah atau Remaja hEbat Merubah PerilAku hidup seHat. Tugas dari duta gizi yaitu mengedukasi pentingnya gizi seimbang untuk meningkatkan imunitas, mencegah anemia, dan mengajak remaja putri minum tablet tambah darah. Sedangkan agen rempah bertugas sebagai duta perubahan perilaku di masyarakat di tengah pandemi Covid-19, memberikan edukasi dan teladan PHBS di sekolah, menetapkan protokol kesehatan, mengkampanyekan pentingnya protokol kesehatan 3M, dan lain-lain.

Syahda Shofwa, perwakilan dari SMAHA menyampaikan, “Saya senang mengikuti kegiatan ini. Kegiatannya seru dan dapat menambah ilmu. Kita menjadi tahu pentingnya kesehatan gizi remaja.”

Penulis: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang
Editor: Nurul Rahmawati E., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang