SMAN 2 Mranggen Belajar SIM di SMKN 1 Tuntang

Rabu, 24 Maret 2021, SMA Negeri 2 Mranggen Demak melakukan kunjungan studi tiru di SMK Negeri 1 Tuntang. Kunjungan yang diikuti oleh 5 orang guru SMKN 2 Mranggen tersebut, bertujuan untuk mempelajari Sistem Informasi Manajemen atau SIM. SIM berasal dari Bahasa Inggris yakni management information system. Pengertiannya adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi serta prosedur dalam akuntansi manajemen. Terkait dengan hal itu, SMKN 1 Tuntang tidak pelit berbagi ilmu dengan sekolah-sekolah lain.

SIM yang diaplikasikan oleh SMKN 1 Tuntang digunakan untuk pengendalian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan School Management System atau sistem manajemen sekolah. Sejak diterapkannya PJJ tahun lalu, SMKN 1 Tuntang mulai mengembangkan SIM untuk mempermudah memanage sekolah.

Data-data mengajar yang harus diisi antara lain, nama guru, kelas, mata pelajaran, uraian kegiatan pembelajaran, jumlah siswa hadir, jumlah siswa tidak hadir, nama siswa tidak hadir, deskripsi tugas, dan lain-lain. Dari data itu, kepala sekolah dapat mengaksesnya, sehingga dapat memantau agenda mengajar setiap guru. Serta dapat mengkalkulasi dan mengkontrol tugas yang diberikan guru kepada peserta didik dalam bentuk persen. Nantinya hasil tersebut akan dibagikan juga kepada orang tua siswa dalam bentuk PDF, sehingga mereka tahu perkembangan putra-putrinya.

Satu lagi yang harus diisi oleh guru adalah ‘E-Kinerja.’ Dalam E-Kinerja tersebut guru dan karyawan harus menginput semua kegiatan yang berhubungan dengan tupoksi masing-masing dalam satu hari. Data tersebut nantinya akan direkap setiap bulannya. Data ini juga mempermudah kepala sekolah mengetahui kinerja para guru, serta bisa menjadi sarana perbaikan guru yang mungkin memiliki kinerja kurang maksimal.

Cahyanti Tantriana, salah satu guru yang mengikuti kegiatan studi tiru ini mengungkapkan, “Terima kasih kami ucapkan karena kami diberi kesempatan untuk menimba ilmu, Manajemen Sekolah SMKN 1 Tuntang luar biasa.” Kepala SMKN 1 Tuntang, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd menyambut baik sekolah mana saja yang akan menimba ilmu di SMKN 1 Tuntang. “Kami selalu siap untuk berbagi ilmu kepada siapapun. Semoga ilmu yang kami bagi dapat berguna dan bermanfaat bagi orang atau sekolah lain.”

Penulis Nurul Rahmawati E, M.Pd. Guru SMKN 1 Tuntang