Juara AISEEF 2021, Tim SMAGA Ciptakan Portabel Pendeteksi Kualitas Air Limbah Laundry

Pada lomba Asean Innovative Science Environmental, and Entrepreneur Fair atau AISEEF 2021, Muhammad Rafael Rizqimahindra, Ali Akbar Alaydrus, Barqila Trisiana Ratih Pratiwi, dan Jihan Raissa Azzhara dari SMA Negeri 3 Semarang berhasil meraih medali emas dalam kategori Environmental Science. Mereka mempresentasikan projek penelitian berjudul Portable Laudry Wastewater Quality Detector for Monitoring Environmental Pollution, yaitu suatu alat portabel untuk mendeteksi dan mengukur kadar kualitas air limbah laundry sebagai solusi untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Ajang AISEEF ini merupakan ajang penelitian yang diikuti oleh peneliti-peneliti muda terbaik dari 20 negara. Persaingan berlangsung sangat ketat karena masing-masing tim membawakan proyek penelitian terbaik mereka. Namun, persaingan yang ketat tersebut tidak mematahkan semangat tim SMAN 3 Semarang. Mereka justru semakin semangat, merasa tertantang dan pantang menyerah. Proses penelitian dan pembuatan alat Portable Laudry Wastewater Quality Detector yang dilakukan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan tersendiri. Namun, pada akhirnya proyek penelitian Portable Laudry Wastewater Quality Detector for Monitoring Environmental Pollution tersebut dapat diselesaikan dengan kerja sama tim yang baik, serta bimbingan dan dukungan guru-guru di SMAN 3 Semarang,

Setelah melalui beberapa tahap seleksi meliputi pengumpulan proposal penelitian, pengumpulan video, poster, dan presentasi; Rafael, Ali, Barqila, dan Jihan berhasil meraih medali emas pada Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 dalam kategori Environmental Science.

Generasi millennial memang sudah seharusnya berani berkreasi dan berinovasi. Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya untuk mempersiapkan diri menghadapi segala tantangan dan ambil kesempatan yang akan datang. Jangan takut mencoba! Hasil apapun yang didapat pasti bermanfaat dan tidak akan sia-sia bagi kita. Semoga dengan adanya prestasi yang diraih oleh tim SMAN 3 Semarang tersebut, dapat menginspirasi semua peserta didik untuk terus maju, bermimpi setinggi-tingginya, bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang