SMAN 14 SEMARANG LAKSANAKAN PTS DAN TRY OUT US SECARA DARING

Tepat di hari Senin, 8 Maret 2021, SMA Negeri 14 Semarang mulai melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap Tahun Pelajaran 2020-2021 bagi kelas X dan XI. Sedangkan untuk peserta didik kelas XII, diadakan Try Out (TO) Ujian Sekolah yang muaranya nanti pada uji coba Ujian Sekolah di tanggal 29 Maret sampai dengan 8 April 2021.

Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap dan Try Out Ujian Sekolah (US) ini akan dilaksanakan selama 9 (sembilan) hari terhitung mulai dari Senin, 8 Maret 2021 sampai dengan Jumat 19 Maret 2021. Tentunya di tengah masa pandemi Covid-19 ini, Penilaian Tengah Semester (PTS) genap dan Try Out US dilaksanakan secara online atau daring melalui E-Learning Fresto.

Untuk mendukung pelaksanaan PTS dan Try Out secara daring ini, sekolah bekerjasama dengan pengelola Aplikasi Fresto. Aplikasi tersebut dipilih karena peserta didik dan guru SMA Negeri 14 Semarang sudah familiar dengan aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi Fresto sangat praktis digunakan sebagai media evaluasi atau ujian, di mana aplikasi ini dapat sekaligus meneliti jawaban yang masuk. Lebih lanjut, nilai yang muncul pun bisa langsung didapatkan apabila peserta didik sudah melakukan submit atas jawabannya.

Keberhasilan pelaksanaan PTS dan Try Out US online ini tentunya membutuhkan koordinasi yang baik, mulai dari panitia pelaksana, guru, orang tua atau wali peserta didik, dan tentunya peserta didik itu sendiri. Peran wali kelas sebagai penghubung informasi dari sekolah ke orang tua atau wali sangatlah penting, karena informasi dari sekolah dapat sampai ke mereka dengan tepat apabila ada komunikasi yang baik dan lancar.

Diharapkan dengan komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua atau wali peserta didik akan berdampak juga pada kesiapan peserta didik dalam mengerjakan PTS atau Try Out US Daring. Kepala SMA Negeri 14 Semarang, Dra Sulastri, M.Pd. menyatakan bahwa pelaksanaan PTS dan Try  Out US Daring adalah sarana evaluasi belajar peserta didik yang juga dilaksanakan secara daring selama kurang lebih 3 bulan di awal semester genap ini. Sekaligus mengukur ketercapain materi pelajaran yang disampaikan oleh para guru kepada peserta didik.

Segala bentuk sarana dan prasana yang mendukung pelaksanaan PTS dan Try Out US Daring sudah dipersiapkan. Sebagai contoh panitia pelaksana memastikan koneksi internet sekolah sudah stabil. Apabila sarana dan prasarana sudah siap maka jalannya evaluasi atau ujian tersebut akan lancar dan sukses. Di sisi lain, sekolah juga sudah mempersiapkan sarana pendukung untuk peserta didik antara lain:

a) meminjamkan HP bagi peserta didik yang tidak memiliki

b) memberikan subsidi kuota bagi peserta didik dari keluarga kurang mampu

Demikian sekilas informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap dan Try Out Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2020-2021 di SMA Negeri 14 Semarang.

 

Penulis           : Tim Website SMA Negeri 14 Semarang

Editor             : Nurul Rahmawati E., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang