SMKN 8 Semarang Raih Medali Emas dalam LKS Provinsi

Pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah 2021, peserta didik atas nama Argadhana Nugroho siswa kelas XII RPL 2 menjadi juara 1 bidang Cloud Computing dan Silviani Darmanisya siswa kelas XII CG menjadi juara 3 bidang Health and Social Care.

Dalam pelaksanaan lomba bidang Cloud Computing, Argadhana Nugroho bertanding untuk membuat sistem server skala enterprise, berbiaya rendah, dengan performa dan keamanan yang baik. Di bawah bimbingan Aji Prayitno, S.T., Argadhana berhasil mengalahkan para pesaingnya dari kota atau kabupaten lain dengan nilai tertinggi.

Sedangkan untuk pelaksanaan lomba bidang Health and Social Care,  Silviani Darmanisya berlomba menuntaskan kasus mengenai keperawatan kesehatan dan sosial. Dalam lomba ini Silviani mampu memperoleh juara 3, di bawah bimbingan Dra. Lis Anggriani, M.Si.

Setiap juara mendapatkan hadiah uang pembinaan, medali dan piagam penghargaan. Selain itu, Argadhana Nugroho berhak mewakili Jawa Tengah dalam LKS tingkat Nasional pada bidang Cloud Computing.

Kamis (25/3/2021) sore pukul 15.00 WIB, pengumuman juara LKS SMK Jawa Tengah 2021 disampaikan secara langsung oleh Plt Kepala Disdikbud Jateng, Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si. melalui kanal YouTube BPTIKP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Lomba yang dilaksanakan mulai dari 16, 17, 18 dan 23, 24, 25 Maret 2021 ini dilaksanakan secara daring, di mana lokasi lomba diadakan di sekolah masing-masing. Sedangkan penjurian dipusatkan di hotel MG Setos Semarang. Penjurian mengacu pada kriteria penjurian yang berlaku di World Skill Competition atau ajang LKS pada tingkat internasional.

Lomba yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tersebut merupakan ajang bergengsi tahunan. Tujuan dari lomba ini adalah untuk menunjukkan kompetensi yang dimiliki peserta didik SMK, sekaligus sebagai ajang seleksi masuk lomba tingkat nasional yang nantinya akan mewakili Indonesia di ajang internasional.

 

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang