SMAN 1 Ambarawa Raih Juara TUB PBB Sekabupaten Semarang

Tim Paskibra Satya Muda Garuda SMA Negeri 1 Ambarawa memperoleh nikai tertinggi dan berhak menyabet juara 1 dalam lomba Tata Upacara Bendera dan Peraturan Baris-berbaris (TUB PBB). Tim yang beranggotakan 21 orang termasuk satu pemimpin pleton ini berhasil memukau juri dan penonton dari guru dan karyawan SMAN 1 Ambarawa dengan penampilan yang kompak, rapi, dan penuh semangat. Tak heran mereka mampu menyisihkan puluhan peserta lain dari SMA, MA, dan SMK Kabupaten Semarang. Dengan predikat ini, tim di bawah bimbingan Amir Biki, S.Pd. dan komandan pleton Raka Dwi Wicaksana (kelas XI MIPA-4) berhak memboyong piala dan hadiah berupa sejumlah uang tunai.

Kegiatan lomba ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Semarang. Menurut keterangan panitia penyelenggara, Ibu Retno Pamuji Rahayu, S.Pd., M.Pd. karena saat ini masih masa pandemi Covid-19, teknik lombanya sedikit berbeda. Sebelumnya lomba dilaksanakan terpusat di GOR, tetapi untuk tahun ini panitia dan juri datang ke sekolah. “Penilaian diupayakan seobjektif mungkin dengan pengamatan langsung di lapangan dan menilai melalui video rekaman yang dilakukan panitia,”  tambahnya.

Atas prestasi tersebut, Teguh Wibowo, Kepala SMAN 1 Ambarawa merasa amat bangga dan sangat mengapresiasi. Terlebih dengan latihan yang amat terbatas dan superketat karena harus mematuhi protokol kesehatan. Di samping itu tim paskibra juga tetap harus melaksanakan PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh. “Pelaksanan lomba di sekolah masing-masing bisa menjadi daya tarik bagi guru dan karyawan karena mereka dapat menyaksikan hasil perjuangan dan pengorbanan tim paskibra selama latihan hingga lomba. Dan hal ini akan melahirkan sikap empati guru kepada siswa.” Ditambahkannya, kemenangan tim paskibra ini melengkapi koleksi kejuaraan, yang mana penampilan sekolah sudah bersih dan indah, bebas dari sampah sesuai branding Eco Edu Park.

 

Penulis : Tim Website SMAN 1 Ambarawa
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang