Intip Persiapan SMAHA Sambut PTM

Jelang Pembelajaran Tatap Muka atau  PTM yang akan dilaksanakan di bulan Juli 2021, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah koordinasi persiapan penyelenggaraan PTM, pada hari Kamis tanggal 8 April 2021.

Sebanyak 25 anggota tim yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tim kebersihan, dan tim keamanan sekolah melaksanakan kegiatan ini di aula SMAHA, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan atau prokes.

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., menuturkan, “Sebanyak 12 tim dipersiapkan SMAHA untuk menyambut PTM. Nantinya tim-tim tersebut memiliki tugas masing-masing demi mewujudkan PTM yang lancar, aman, dan terhindar dari virus Covid-19.” Beliau juga menjelaskan uraian tugas masing-masing tim.

Di samping itu, Ibu Sri Widayati, S.Pd., selaku waka kesiswaan menjelaskan persiapan-persiapan yang sudah dilakukan oleh SMAHA. Antara lain yaitu vaksinasi tenaga pendidikan, tim satgas covid, sosialisasi prokes, mempersiapkan peralatan prokes (masker, face shield, thermo gun, hand sanitizer, tempat cuci tangan digital), ruang isolasi, daftar periksa kesiapan PTM, dan berbagai persiapan lainnya.

Sementara untuk ruang belajar, SMAHA sudah mengaturnya sedemikian rupa sesuai dengan protokol kesehatan. Bangku dan meja peserta didik yang digunakan hanya sejumlah 15 buah serta diatur jaraknya. Setelah pembelajaran selesai, ruang kelas akan distrelisisasi kembali. Sedangkan untuk sistem pembelajaran rencananya akan dilaksanakan dengan dua shift.

SMAHA juga sudah mempersiapkan video simulasi untuk PTM. Agar nantinya para peserta didik bisa menerapkan pembiasaan yang baru di sekolah, demi mewujudkan PTM yang efektif dan bebas dari virus Covid-19.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah
Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang