Armadina Raih Runner Up Students of Year Premier 2021

Armadina Fitra Choirunnisa dari SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah dinobatkan sebagai juara 2 pada lomba Student of the year Premier yang digelar Anak Hebat Indonesia. Siswa dari SMA Negeri 3 Semarang ini menyisihkan puluhan peserta dari seluruh kota di Indonesia untuk sampai ke babak final tsb.

Pemilihan bertajuk Students of Year Premier besutan Anak Hebat Indonesia (AHI) Sidoarjo Jawa Timur ini diikuti oleh puluhan sekolah menengah dan dilakukan secara daring dengan dewan juri yang terdiri dari Yudi Hermawan SH (Sumatra Selatan), Yulisnaeni SHI (Chicago USA), M Irdham SE MAcc (Makassar), Abdul Halim S LC MA (Malaysia), Edin Muhammad dan Dodik Susanto dari Sidoarjo.

Manajer Perbaikan Kualitas Layanan Publik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Munawir Sjadjali Razak SIp MA, mengatakan itu saat membuka Grand Final Ajang Pemilihan Students of the Year Premier yang digelar Anak Hebat Indonesia secara daring, Rabu (7/4/2021) malam.

Lebih lanjut dijelaskan, di era industri 4.0 sekarang semua serba digitalisasi dengan komputer yang menggunakan big data analysis yang berbasis internet. Ada artificial intelligence. “Kunci untuk bisa bersaing adalah dengan pemilikan skills, cara berpikir, kolaborasi, problem solving. Ini untuk memperkuat daya saing,” tandasnya.

Dia menyebut kegiatan yang diikuti siswa hingga mahasiswa ini tidak melihat kemampuan akademik saja tapi juga keterampilannya, soft skill-nya yang meliputi intrapersonal skill yaitu bagaimana pengendalian emosinya, bagaimana dia proaktif, percaya diri, kemampuan membela diri, serta interpersonal skill yaitu kemampuan berkomunikasi secara efektif, leadership, cultural ability. “Ini dapat menjadi wadah pembelajar aspek akademik dan non akademik yang akan menjadi bekal yang penting bagi pelajar dan mahasiswa ke depannya,” ujarnya.

Dalam acara yang dihadiri 210 anak tersebut, Untuk kategori SMA/Sederajat, Armadina Fitra Choirunnisa dari SMA Negeri 3 Semarang berhasil
Menjadi juara kedua.

Founder Anak Hebat Indonesia, Dodik Susanto, mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi wadah pembelajaran alternatif. “Nantinya akan dilaksanakan setiap tahun bagi seluruh lapisan pelajar dan mahasiswa se-tanah air,” ujarnya.

Student of the Year Premier terpilih, lanjut Dodik, diharapkan akan berperan aktif dalam wadah pemberdayaan pemuda dengan nama SOY Community yang menjadi mesin penggerak pembelajaran dan pemberdayaan social kepemudaan ke depannya. “Tentu saja dengan dukungan langsung dari tim Anak Hebat Indonesia serta stakeholder terkait”, pungkasnya.