Penghargaan Dan Penobatan Duta Literasi SMA Hidayatullah

SMAHA kembali memberikan penghargaan dan penobatan duta literasi SMAHA tahun pelajaran 2020/2021. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 9 April 2021 secara langsung dan virtual. Kegiatan dibuka langsung oleh Ibu Annisa Erwindani, S.Pd., selaku koordinator gerakan literasi SMAHA. Beliau menyampaikan terima kasih kepada peserta didik yang telah melaksanakan kegiatan literasi dengan baik. Harapannya, dengan adanya penghargaan dan penobatan duta literasi ini dapat menambah semangat mereka dalam berliterasi.

Pengumuman juara dan duta literasi dikemas secara apik melalui video singkat. Video tersebut dikreasi seperti penghargaan ajang bergengsi di TV. Terdapat dua tahap yang menjadi dasar penghargaan dan penobatan duta literasi di semester genap 2020/2021 ini. Tahap pertama yaitu keaktifan dalam melaksanakan literasi harian. Untuk tahap kedua yaitu nilai saat presentasi literasi, yang dilakukan setiap akhir bulan bersama wali kelas dan pendamping wali kelas.

Setiap jenjang kelas dipilih tiga siswa yang berhak mendapatkan penghargaan berupa sejumlah pulsa. Untuk jenjang kelas X, juara 1 diraih oleh Tarisha Hasna dari kelas X MIPA 2, juara 2 diperoleh Ahmad Hadi Kamal dari kelas X IPS 1, dan juara 3 didapat oleh Namira Firda dari kelas X IPS 2. Untuk jenjang kelas XI, juara 1 diperoleh siswa dari kelas XI IPS 2, Maharani Altaf, juara 2 dari kelas XI IPS 2 yaitu Cut Rahma, dan juara 3 dari kelas XI MIPA 1 atas nama Saniya Titiyan. Untuk kelas XII, juara 1 diperoleh Thoha Rizqi dari XII IPS 1, Muhammad Naufal B kelas XII MIPA 1 sebagai juara 2, dan juara 3 diperoleh Kinasha Vinanda keals XII IPS 2. Sedangkan untuk duta literasi putra yaitu jatuh kepada Ahmad Hadi Kamal dan Tarisha Hasna.

Acara ini ditutup dengan sekapur sirih yang disampaikan oleh Kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd. Beliau menuturkan, “Selamat kepada anak-anakku yang terpilih mendapatkan juara literasi dan dinobatkan menjadi duta literasi. Semoga kalian bisa menjadi pioner peserta didik SMAHA dalam berliterasi. Saya tunggu ide-ide kreatif dan inovatif kalian untuk kegiatan literasi selanjutnya. Untuk siswa dan siswi lain yang belum mendapatkan juara, janganlah kalian berkecil hati. Karena masih banyak kesempatan kalian untuk bisa menjadi juara dan duta literasi selanjutnya.”

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang