Sambut Ramadhan, Rohis SMAHA Gelar Targhib Ramadhan

Untuk menyambut bulan puasa ramadhan 1442 H, rohis SMAHA gelar kegiatan Targhib Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 9 April 2021 secara virtual melalui zoom meeting. Tema yang diangkat yaitu Sambut Keberkahan, Raih Kemuliaan Ramadhan dengan Hati yang Ikhlas.

Kegiatan diawali dengan membaca dzikir pagi bersama yang dipimpin oleh Sakhi Setya kelas XI MIPA 1 dan tilawah Qur’an dilantunkan oleh Annisa Dini kelas X MIPA 2.

“Kita hendaknya bergembira dalam menyambut bulan ramadhan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Kita harus persiapkan fisik dan mental sebaik mungkin. Bulan ramadhan juga disebut sebagai bulan sabar, karena kita menahan hawa nafsu seperti haus, lapar, dan amarah. Mari kita sambut bulan suci ramadhan ini dengan saling memaafkan,” tutur Kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.

Memasuki acara inti, tim rohis SMAHA mempersembahkan hasil karya mereka berupa video singkat. Video tersebut berisikan tentang sejarah singkat puasa, niat puasa, doa berbuka puasa, tips khatam Al Qur’an di bulan ramadhan, serta peristiwa penting di bulan Ramadhan.

Sejarah singkat terjadinya puasa adalah ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam berpuasa di bulan Asyura. Maka dari itu Rasul memerintahkan orang untuk berpuasa. Pada zaman dahulu, barang siapa yang mau berpuasa maka diperbolehkan berpuasa, begitu pula sebaliknya. Pada tahun kedua hijriyah, pada malam kedua sya’ban, Allah Subhanahu Wa Ta’ala mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Hal tersebut tercantum di QS Al Baqarah-183.

Adapun tips mengkhatamkan Al Qur’an di bulan ramadhan yaitu dengan membulatkan niat, membuat target, serta mengatur waktu untuk mencapai target khatam. Sedangkan peristiwa penting di bulan Ramadhan antara lain Nuzulul Qur’an, perang Badar, penaklukan kota Mekkah, dan Lailatul Qadar. Subhanallah betapa istimewanya bulan ramadhan. Maka dari itu kita harus menyambutnya dengan penuh semangat.

Kegiatan tarhib ramadhan ini ditutup dengan kuis yang diadakan oleh rohis SMAHA melalui aplikasi Quiziz. Para peserta terlihat sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di kuis tersebut. Selamat kepada Kevin Awandi (XI MIPA 1), Fasya Qaurida (XI MIPA 2), dan  Annisa Dini (X MIPA 2) yang berhasil memenangkan kuis dan berhak mendapatkan pulsa senilai Rp 50.000.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang