Menuju SMANTA Hijau

Berada di ketinggian 740 mdpl menjadikan SMA Negeri 1 Tengaran (SMANTA) memiliki hawa yang sejuk. Selain itu, lokasi yang terletak di bawah Lereng Merbabu membuat tanaman di sekitar sekolah dapat tumbuh segar. Tak heran apabila udara menjadi tidak panas dan tidak terlalu dingin, membuat warganya merasa nyaman untuk melakukan aktivitas di dalamnya. Hasilnya, suasana ini mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah, yang mana pembelajaran tidak selalu dilaksanakan di dalam kelas. Namun, pembelajaran juga dapat dilaksanakan di luar kelas, di taman, di bawah hutan sekolah, di gazebo, maupun di lapangan olah raga yang luas.

Sejalan dengan Visi Sekolah yakni Unggul dalam Prestasi, Berkarakter, Santun dalam Bertindak dan Berwawasan Lingkungan, SMA Negeri 1 Tengaran berupaya terus menerus untuk menghijaukan sekolah. Sebagai contoh dengan adanya program pengadaan taman-taman sekolah, penambahan tanaman hias dan tanaman penghijauan. Berdiri di lahan seluas 19.390 m2, SMA Negeri 1 Tengaran dikelilingi oleh lahan hijau. Sejak itu pula, di lingkungan sekolah banyak ditemukan beberapa jenis tanaman palm. Inilah yang membuat SMA Negeri 1 Tengaran dikenal dengan sebutan Palm School.’

Green and Entrepreneur School, merupakan brand SMA Negeri 1 Tengaran yang dicanangkan pada akhir tahun 2020, memberikan energi positif warga sekolah untuk berbenah dalam menghijaukan sekolah, mengenalkan, menumbuhkan serta mengembangkan jiwa wirausaha di kalangan peserta didik. Upaya membekali warganya terkait school branding, IHT (In House Training) bertema How to Create Powerful Brand Identity telah diadakan. Dengan mengundang narasumber Kepala Cabang Dinas Wilayah I yaitu Bapak Budi Santosa, S.Pd., M.Pd. M.Si., Pengawas SMA Ibu Dra. Yani Sri Ernawati, M.Pd. serta Coach Makhmud Kuncahyo, M.Pd. dari Synergy Performa.

Penulis : Sulistyarini, S.Pd., Guru SMAN 1 Tengaran
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari kiri: Yani Sri Ernawati, M.Pd, Bapak Budi Santoso, S.Pd., M.Pd. M.Si, Bapak Drs. Munarso, M.Pd., Makhmud Kuncahyo, M.Pd. berfoto bersama para peserta In House Training (IHT)

 

 

 

 

 

 

Coach Makhmud Kuncahyo, M.Pd. dari Synergy Performa sedang mempresentasikan materi school branding di Aula SMA Negeri 1 Tengaran