BKK Mitra Binusa Online Job Matching

Online Job Matching merupakan salah satu program kerja BKK Mitra Binusa yang bertujuan untuk menyalurkan para alumni khususnya alumni yang baru saja lulus. Bursa Kerja Khusus (BKK) sendiri merupakan sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Program kerja ini diikuti oleh sekitar 120 siswa kelas XII, yang terdiri dari 4 jurusan yaitu Akuntansi, Teknik Komputer dan Jaringan, Tata Busana serta Teknik Bisnis Sepeda Motor.

Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, 20 April 2021 lalu, diikuti oleh perusahaan yang bergerak di berbagai sektor antara lain PT Dinar Tech Share E, PT. Indomarko Primatama, PT. Cakrawala, PT. Astra Honda Motor (Ahas Ngaliyan), dan lain-lain. Dimulai pukul 08.00 WIB waktu setempat, acara dilaksanakan di aula SMK Bina Nusantara Semarang. Acara dimulai dengan pemaparan profile perusahaan dan informasi sektor yang membutuhkan tenaga kerja. Selanjutnya dilaksanakannya pengumpulan berkas lamaran dari siswa yang berminat bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian pihak BKK Mitra Binusa menyalurkan berkas lamaran ke pihak perusahaan untuk dapat ditindak lanjuti.

Acara ini murni sebagai salah satu peran SMK untuk menyalurkan siswa kelas XII dan alumni agar mendapat pekerjaan. Ibu Rufi selaku ketua BKK memiliki harapan besar terkait penyaluran para alumni ke pihak perusahaan. Agar nantinya para alumni tersebut lebih mudah mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, program kerja BKK Mitra Binusa dilaksanakan secara daring. Hal ini tidak menyurutkan semangat siswa yang antusias mengikuti mini wawancara dengan Guru yang ditunjuk oleh sekolah sebagai wakil dari industri. “Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa punya bekal ketika nanti melakukan sesi wawancara yang sesungguhnya dengan pihak industri yang mereka lamar,” papar Eka Aribawa selaku Kepala SMK Bina Nusantara Semarang.

 

Penulis : Tim website SMK Bina Nusantara Semarang
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang