Lengkawa Dhuita Jawi: Cahaya Wanita Jawa di SMAN 1 Tengaran

Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2021, OSIS SMA Negeri 1 Tengaran mengadakan kegiatan.  Kegiatan peringatan Hari Kartini ini dikemas dalam bentuk perlombaan yang disesuaikan dengan keadaan pandemi. Ada tiga jenis perlombaan yang wajib diikuti oleh semua kelas X dan kelas XI  SMAN 1 Tengaran. Perlombaan dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai dengan 22 April 2021 secara daring. Judul kegiatan ini adalah Lengkawa Dhuita Jawi.

 Lengkawa Dhuita Jawi memiliki arti cahaya wanita Jawa. Pemilihan judul tersebut bertujuan untuk memberikan penggambaran Kartini yang mencapai era kesetaraan gender dengan mengantarkan cahaya kebebasan bagi para wanita. Dengan adanya kepercayaan Kartini bahwa wanita juga bisa berdiri sejajar dengan laki-laki, saat ini wanita memiliki rasa percaya diri untuk menunjukkan wajah baru tentang pandangan terhadap wanita. Untuk mewujudkan maksud tersebut kami mengilustrasikan ke dalam jenis perlombaan, yaitu pemilihan Mas dan Mbak SMANTA, video berkain, dan pembuatan poster digital dengan tema kesetaraan gender.

Lomba Pemilihan Mas dan Mbak SMANTA merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh OSIS SMANTA untuk memperingati Hari Kartini. Peserta lomba merupakan perwakilan kelas yang terdiri dari satu wanita dan satu laki-laki. Tahun ini, pelaksanaan lomba Pemilihan Mas dan Mbak SMANTA dilaksanakan di dua platform media sosial yaitu Tiktok dan Google Form. Kriteria penilaian diambil dari dua flatform tersebut. Sumber konten Tiktok memakai kriteria penilaian dari aspek keindahan busana, penampilan bakat peserta, dan speak up dengan durasi video 1 sampai dengan 3 menit. Untuk sumber dari Google Form berupa penilaian wawasan tentang Kartini. Kemudian untuk penjurian dilakukan secara voting melalui Google Form yang diisi oleh seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Tengaran. Dari hasil voting diperoleh juara 1 diraih oleh kelas X MIPA 2, juara dari 2 kelas X MIPA 5, dan juara dari 3 kelas XI MIPA 3.

Jenis perlombaan berikutnya adalah Berkain. Lomba Berkain yaitu lomba berkreasi dengan menggunakan kain jarik, yang dikemas dalam bentuk video. Lomba ini dilaksanakan secara berkelompok yang terdiri dari 2 sampai 6 orang. Tujuan diadakannya lomba Berkain adalah untuk memperkenalkan kain jarik kepada para remaja dan turut serta melestarikannya. Kriteria penilaian lomba Berkain dilihat dari aspek kesesuaian tema, kesopanan, dan kreativitas. Dari hasil penilaian video lomba Berkain, didapatkan juara 1 yang diraih oleh kelompok dari kelas X MIPA 2, juara 2  dari kelas XI MIPA 6, dan juara 3 dari kelas X MIPA 5.

Lomba ketiga yaitu Pembuatan Poster Digital. Lomba Pembuatan Poster Digital dilaksanakan secara individu, dengan peserta dari perwakilan setiap kelas X dan kelas XI. Pembuatan poster dilakukan secara digital menggunakan komputer atau handphone. Karya yang dibuat merupakan hasil karya asli peserta, bukan meniru atau menjiplak karya yang sudah ada, serta tidak ada unsur pornografi dan SARA. Untuk teknis dan gaya visualisasi dari poster yang dilombakan bebas dengan menggunakan ukuran kertas A4. Karya desain poster dikirim dengan format Nama Peserta (spasi) Kelas. Untuk penentuan pemenang, diambil tiga hasil karya terbaik. Pengumpulan hasil karya Pembuatan Poster Digital dan Berkain dikirim melalui akun Instagram peserta dengan hastag #LengkawaDhuhitaJawi, #Kartinimilenial, #smantaoke, #smantajaya,  #ostasmanta, serta meng-tag akun Instagram @ostasmanta1. Setelah melewati proses penjurian, didapatkan juara 1 lomba Pembuatan Poster Digital yang diraih oleh Dwi Khusnul Umayati dari kelas XI MIPA 2, juara 2 diraih oleh Devi Pitaloka Arum Sari kelas XI MIPA 6, dan juara 3 diraih oleh Dania Rahmadiani dari kelas XI MIPA 5.

Para pemenang lomba dalam rangka Peringatan Hari Kartini SMA Negeri 1 Tengaran diminta kehadirannya di sekolah pada tanggal 24 April 2021 untuk penyerahan hadiah.  Panitia kegiatan mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah terlibat demi kelancaran kegiatan, serta peserta didik SMA Negeri 1 Tengaran kelas X dan kelas XI. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat peserta didik SMA Negeri 1 Tengaran untuk lebih menghargai apa yang sudah diperjuangkan di masa lalu dan terus mempertahankannya untuk masa depan, demi bangsa dan negara.

Penulis  : Diarti, S.Sn.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang