Rohis SMAHA: Tebarkan Ukhuwah melalui Dakwah

Dalam rangka menebar kebaikan di bulan Ramadhan, Rohis SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) memiliki berbagai macam kegiatan rutin tahunan. Salah satunya adalah Kafilah Dakwah. Pembina Rohis SMAHA, Bapak Nur Huda, S.Pd.I menuturkan, “Tujuan dari Kafilah Dakwah ini adalah memberikan pemahaman yang benar tentang makna Ramadhan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk selalu meningkatkan kualitas keimanan, menumbuhkan rasa ukhuwah islamiyah yang tinggi, serta syiar SMAHA kepada masyarakat sekitar. Semoga kegiatan Kafilah Dakwah bisa menjadi pembiasaan baik bagi peserta didik SMAHA.”

Dalam Kafilah Dakwah tahun ini, Rohis SMAHA mengangkat tema, “Semangat Dakwah, Menebar Ukhuwah.” Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi, kegiatan Kafilah Dakwah dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online yang diikuti oleh SMP Islam Hidayatullah dan sesi offline diikuti oleh TPQ Al Khoir Sendang mulyo, TPQ At Taqwa SBI Banyumanik, dan TPQ Al Ukhuwah (Pudak Payung). Acara ini dilaksanakan mulai dari hari Senin sampai dengan Rabu, tanggal 26 sampai dengan 28 April 2021.

Kegiatan Kafilah Dakwah secara online di SMP Islam Hidayatullah dilakukan pada jam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh pengurus Rohis SMAHA. Kemudian pada kegiatan inti, pengurus Rohis SMAHA menyampaikan materi tentang keutamaan Bulan Ramadhan. Dalam sesi ini, para siswa SMP Islam Hidayatullah menanggapinya dengan penuh semangat. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan kuis berhadiah. Sebanyak tiga peserta didik yang dapat menjawab kuis dengan baik dan benar, mendapatkan hadiah.

Untuk kegiatan Kafilah Dakwah yang dilaksanakan di TPQ  secara offline, para panitia Rohis SMAHA dan seluruh peserta kegiatan selalu menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan juga dimulai dengan pembukaan, kemudian pengurus Rohis Smaha menyampaikan materi sambil mengajak bermain seluruh santri. Tidak lupa juga diberikanlah hadiah bagi  santri yang bisa menjawab kuis. Di penghujung kegiatan, Rohis SMAHA membagikan takjil untuk seluruh santri sebagai penyemangat mereka agar selalu cinta terhadap Ramadhan dan semangat beribadah di bulan yang mulia ini.

 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang