Belajar HOTS dalam FIM SMKN 1 Tuntang
Apa itu High Order Thinking Skill (HOTS) ? Bahasa Indonesianya adalah Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Tidak tahu? HOTS adalah tema ketiga Forum Ilmiah Mingguan (FIM) SMKN 1 Tuntang yang dilaksanakan kemarin Rabu, 05 Mei 2021 pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB. Dua tema sudah dibahas oleh narasumber pada pertemuan sebelumnya yaitu Teori Belajar dan Karakteristik Peserta Didik.
Forum Ilmiah Mingguan kali ini dibawakan oleh narasumber Bapak Agung Kurniawan dengan dimoderatori Ibu Iva Luthfiana. Pada paparanya, narasumber mengingatkan pentingnya guru menguasai materi High Order Thinking Skill (HOTS). Seperti kita ketahui, HOTS awalnya dikenal dari konsep Benjamin S. Bloom dkk. dalam buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956) yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Konsep ini merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam tiga ranah, yaitu Kognitif (keterampilan mental seputar pengetahuan), Afektif (sisi emosi seputar sikap dan perasaan), dan Psikomotorik (kemampuan fisik seperti keterampilan).
Selama dua jam guru-guru SMKN 1 Tuntang belajar kompetensi pedagogik. Kegiatan FIM ini terdiri dari empat sesi yaitu pretest, paparan narasumber, diskusi dan ditutup dengan post test. Agung Kurniawan selaku narasumber berujar, “baru kali ini saya diberi kesempatan menjadi narasumber forum ilmiah. Ini menjadi pelajaran berharga buat saya untuk terus memotivasi diri untuk belajar”.
Pada kesempatan yang sama, Kepala SMKN 1 Tuntang, Bapak Ardan Sirodjuddin mengatakan “Melalui FIM ini kompetensi pedagogik guru dikebut untuk persiapan seleksi ASN PPPK Bulan Agustus depan. Semoga upaya ini mampu meningkatkan kepercayaan diri teman-teman GTT dalam menghadapi seleksi tersebut”.
Penulis : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang