SMAN 12 Semarang Gelar Pesantren Ramadhan Secara Virtual

Meski masih dalam keadaan pandemi, tidak menyurutkan semangat warga SMA Negeri 12 Semarang untuk memeriahkan bulan Ramadhan tahun ini. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya kegiatan pesantren ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, kali ini kegiatan diselenggarakan secara virtual. Rangkaian acara pesantren ramadhan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Seluruh kegiatannya diselenggarakan di Studio 12 dan ditayangkan melalui kanal YouTube Smandalas Official. Pesantren ramadan diisi dengan tausyiah oleh 8 (delapan) narasumber yang juga merupakan guru SMAN 12 Semarang. Mereka adalah Hj. Istighfaroh, M.Pd., Ismail, S.Pd., Khasan Farid, S.Pd.I., Mariyono, S.Pd., M.Pd., Drs. Mumamad Toha, Drs. Mahmudi., Angga Riyawan Awaludin, S.Pd., dan Herie Gunawan, S.Pd.

Tausyiah pesantren ramadhan ditayangkan di kanal YouTube pada tanggal 27 dan 28 April 2021 pada pukul 15.30 sampai dengan 17.30 WIB. Setiap harinya terdapat 2 sesi tausyiah yang berlangsung selama 60 menit dengan dua narasumber yang menyampaikan materi berbeda. Beberapa materi yang disampaikan di antaranya mengenai silaturrahim, fastabiqul khoirot, karakteristik pemuda islami, dan fitrah. Sebelum acara tausyiah, Rohis Al Firdaus juga mengadakan berbagai perlombaan bagi peserta didik SMAN 12 Semarang untuk menambah semaraknya acara ini.

Puncak acara yang digelar pada hari Kamis, 29 April 2021, panitia menghadirkan grup qosidah Ezzura. Panitia memilih grup qosidah Ezzura sebagai pembuka acara karena Ezzura merupakan grup qasidah yang memiliki fan base cukup banyak. Grup qasidah ini berada di bawah naungan grup qasidah Nasida Ria. Selain itu, 3 (tiga) orang personil Ezzura merupakan siswi SMAN 12 Semarang juga. Pada acara puncak ini yang mana sekaligus memperingati Nuzulul Quran, acara disiarkan secara langsung di YouTube Smandalas Official, dengan mengusung tema “Menyiapkan Generasi Berakhlakul Karimah Berjiwa Qur’ani.”

Harapannya dengan memilih tema tersebut adalah peserta didik di SMAN 12 Semarang dapat menjadi genarasi yang memiliki akhlak atau perilaku yang baik sesuai dengan perilaku-perilaku yang disebutkan dalam Al Qur’an. Acara peringatan Nuzulul Quran juga dimeriahkan oleh grup qosidah dari Rohis Al Firdaus yang diwakili oleh Muhammad Irfan dan Amanda Zulfa. Selain itu, acara ini juga diisi oleh Kyai Slamet Riyadi, S.Th.I. dari Semarang. Pesantren ramadan tahun ini ditutup dengan penampilan dari grup qosidah Ezzura dengan sebuah lagu, serta dilanjutkan buka bersama panitia di sekolah.

 

Penulis : Faridah Eriyaningsih, S.Pd.
Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah