SMAGALAS, Melepas Siswa dalam Kondisi Terbatas

Hari ini Selasa, 18 Mei 2021 menjadi hari yang berbahagia bagi seluruh keluarga besar SMA Negeri 13 Semarang. Hal ini dikarenakan satu lagi angkatan dari generasi unggul yang progresif akan melebarkan sayapnya pada kehidupan sesungguhnya di masyarakat. SMA yang biasa dikenal dengan sebutan SMAGALAS ini, melepas peserta didik kelas XII dalam kondisi terbatas dan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya melalui tatap layar secara virtual. Acara Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 resmi dilepas oleh Kepala SMA Negeri 13 Semarang yang kerap dikenal dengan slogan ‘Progresif’nya. Acara ini diadakan karena sudah menjadi bagian dari program sekolah sebagaimana 3 tahun yang lalu pada awal tahun pelajaran sekolah, menerima peserta didik dengan ditandainya serah terima dari orang tua atau wali kepada sekolah. Begitupun pada pagi hari ini, di akhir tahun pelajaran saat para peserta didik selesai menempuh studi, sekolah berkewajiban mengembalikan peserta didik kepada orang tua atau wali masing-masing.

Walaupun diadakan di tengah-tengah pandemi Covid-19, acara tetap berlangsung dengan meriah dan khidmad. Tak lupa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Diselenggarakan di aula tercinta SMA Negeri 13 Semarang, kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh perwakilan siswa dan orang tua/wali, di mana siswa yang lainnya mengikuti dengan tertib melalui tatap layar virtual. Dalam kesempatan tersebut, dihadiri juga secara langsung oleh Pengawas Pembina Drs. Slamet Panca Mulyadi, M.Pd. dan ketua komite Drs. Mursid Zuhri, M.S.

Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd. selaku kepala sekolah mengucapkan selamat kepada seluruh siswa atas kelulusannya. Beliau juga berpesan untuk terus menjunjung tinggi semangat progresif yang sudah menjadi slogan yakni SMAGALAS PROGRESIF. ‘Menjadi Generasi Muda yang Unggul dan Progresif dengan Menjunjung Tinggi Semangat Progresif untuk Menggapai Masa Depan yang Lebih Baik’ adalah tema yang diangkat dalam kegiatan pelepasan siswa kelas XII ini.

Kepala sekolah memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dari setiap jurusan. Untuk jurusan MIPA, Nur Annisaa’ Fajrin menjadi peringkat 1 dengan nilai rata-rata 89,21, disusul oleh Najwa Nabila sebagai peringkat 2 dengan nilai rata-rata 88,28 dan pada peringkat 3 ditempati oleh Fidella Luthfia Qotrunnada dengan rata-rata 87,55. Sedangkan untuk Jurusan IPS, peringkat 1 diraih oleh Dwi Putri Lestari dengan nilai rata-rata 90,20 disusul oleh Tarisha Nur Azizah sebagai peringkat 2 dengan nilai rata-rata 90,13 dan pada peringkat 3 ditempati oleh Cantika Mutiara Cinta dengan nilai rata-rata 89,00.

Acara pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2020/2021 ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustadz Hadi Siswanto, S.Ag., M.Pd. Semoga kita semua terhindar dari Covid-19 dan kesuksesan selalu menyertai peserta didik kelas XII, serta menjadikan mereka generasi unggul yang progresif.

 

Penulis : Muhammad Tafrikan, S.Kom. dan Rofa Ichsandi, S.Pd.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

Penyerahan sertifikat penghargaan

Kepala sekolah dan penerima sertifikat penghargaan

Kepala Sekolah, Pengawas, Pembina, Pengurus Komite dan Perwakilan Siswa