Gandeng BANN SMAN 1 Bergas Bikin Webinar Anti Narkoba

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, dengan programnya yang telah ditata apik, OSIS SMAN 1 Bergas bekerjasama dengan BANN (Barisan Anti Narkoba Nasional) Kab Semarang dan Guru Bimbingan dan Konseling SMAN 1 Bergas, menyelenggarakan Webinar penyuluhan anti narkoba dengan tema “Menjadi Generasi Muda Tanpa Narkoba” pada hari Kamis, 20 Mei 2021.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan bagaimana membentengi diri dari penyebaran narkoba, memberikan pengetahuan tentang dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba serta mencegah penyalahgunaan narkoba oleh pemuda khususnya siswa SMAN 1 Bergas.

Kegiatan webinar dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak Drs. Kaswanto, M.Pd setelah bersama-sama dengan seluruh Civitas Akademika SMAN 1 Bergas menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya guna membangkitkan semangat cinta tanah air dan semangat untuk bangkit dari keprihatinan akibat pandemi Covid-19.

Dengan dua pemateri yang luar biasa yaitu Muhammad Rosiful Zustinam, S.H (dari BANN Kab. Semarang) dan Drs. Cahyo Budi Nugroho (Guru BK SMAN 1 Bergas), seluruh peserta Webinar dibuat begitu terkesan dan puas dari apa yang disampaikan.

Dalam paparan mereka, NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, Zat Adiktif) adalah merupakan zat yang tidak boleh disalahgunakan, dimana zat-zat tersebut secara fisik, psikis, sosial dan spiritual dapat mengakibatkan efek yang sangat buruk. Secara fisik, zat tersebut akan merusak organ hati karena menetralisir racun, merusak otak karena menekan susunan saraf pusat, merusak paru dan jantung karena dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya. Gangguan Psikis yang akan muncul karena zat tersebut, pemakai akan mengalami halusinasi atau merasa melihat obyek nyata tetapi sebenarnya obyek tersebut tidak ada.Secara sosial dan spiritual, pemakai akan mudah marah, menyendiri, malas bergaul tidak mau atau enggan beribadah. Melihat sangat berbahayanya narkoba, para pemuda harapan masa depan bangsa secara lantang harus menolak penyalahgunaannya.

Penulis : Pembina OSIS SMAN 1 Bergas
Editor : Nurul Rahmawati, M. Pd, Guru SMKN 1 Tuntang