Kunjungan Direktur PSMK di SMK Nusapersada

Minggu, 23 Maret 2021, SMK Nusapersada Tengaran yang berlokasi di Jln. Karangbalong, Desa Bener, Tengaran, Kabupaten Semarang mendapatkan kunjungan Direktur SMK DR. Ir. M. BAKRUN, M.M. Kunjungan Direktur SMK karena tertarik dengan program PT D’Tech Enginering dalam melaksanakan pendidikan praktik secara berkesinambungan dan berkelanjutan pada pendidikan Vokasi melalui SMK Nusapersada dengan Akademi Teknik Wacana Manunggal (ATWM).

PT D’Tech Engineering yang dipimpin Arfian merupakan perusahaan yang memproduksi mesin Computer Numerical Control (CNC) serta bergerak pada Industri manufaktur. PT D’Tech juga memberikan layanan diklat terkait dengan pembuatan desain produk, pembuatan pemrograman bahasa mesin sampai pada proses kerja operasional CNC.

Dalam penjelasannya tentang pendidikan berkelanjutan (Sustainable) yang dilaksanakan dengan SMK Nusapersada-ATWM-D’tech, Arfian mengatakan khususnya ATWM memberikan pelatihan praktik langsung di bengkel dengan mengerjakan benda kerja pesanan customer dan/atau benda kerja karya inovasi yang dibutuhkan pasar, mulai dari desain produk, pembuatan pemrograman, operasional CNC, hingga Quality Control Produk semua dikerjakan mahasiswa bersama dosen yang dikoordinasi tenaga ahli dari D’Tech.

Menurut Drs. Djoko Margono, M.Pd. Kepala SMK Nusapersada Tengaran, SMK Nusapersada dan ATWM diselenggarakan oleh satu yayasan, maka lokasi workshop dan layanan diklat dilakukan di SMK Nusapersada. Kerja sama dengan PT D’Tech baru berjalan 9 bulan namun jenis produk yang dihasilkan para mahasiswa ATWM mencapai 144 jenis produk. Mereka praktik bekerja secara shifts dari pukul 07.00 hingga 22.00 yang terbagi dalam 2 kelompok kerja disela-sela mengikuti kuliah.

DR. Ir Bakrun, M.M. mengapresiasi  program sustainable education yang dilaksanakan di SMK NUSAPERSADA-ATWM-D‘Tech.

Konsep seperti inilah yang diharapkan dapat dilaksanakan di SMK khusus program New-TEFA yang diluncurkan Direktur SMK, Ditjen Pendidikan Vokasi.

Penulis : Humas SMK Nusapersada Tengaran

Editor : Nurul Rahmawati, M. Pd. Guru SMKN 1 Tuntang