Susun E-KTSP 2021/2022, SMKN 1 Tuntang Adakan IHT

Senin, 24 Mei 2021, SMK Negeri 1 Tuntang mengadakan Workshop atau IHT (In House Training) Penyusunan dan Pengembangan E-KTSP Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Supriyanto, SP., STP., M.Pd., selaku pengawas SMK. Selain itu hadir pula perwakilan dari SMK lain yaitu SMK Tunas Bangsa Beringin, SMK Nusa Persada, SMK Muhammadiyah Sumowono dan SMK Islam Sudirman Ungaran. Dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB, acara ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Ibu Nurul Rahmawati, M.Pd. sebagai pembawa acara.

Dalam sesi pembukaan, para peserta workshop diminta berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lagu Mars SMK oleh Bapak Ibu Guru SMKN 1 Tuntang. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., Kepala SMKN 1 Tuntang. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan serta memberikan gambaran umum terkait kegiatan IHT hari ini. Setelah sambutan, sesi pembukaan ditutup dengan doa yang dilantunkan oleh Bapak Heru Supriyanto, S.Th.I.

Memasuki acara inti, Bapak Agung Kurniawan, S.Pd. berkesempatan menjadi moderator. Beliau memandu pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Supriyanto, SP., STP., M.Pd. dengan judul Teknis Penyusunan E-KTSP Tahun Pelajaran 2021/2022. Setelah selesai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan Forum Ilmiah Mingguan atau FIM yang keenam. Seperti biasa, FIM diawali dengan pre test, di mana semua peserta IHT harus mengerjakan soal-soal pilihan ganda terkait dengan materi Project Based Learning. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, yang kemudian ditutup dengan post test. Nilai hasil pre dan post test segera dirilis ke grup WhatsApp.

“Kegiatan IHT Penyusunan E-KTSP ini sangat bermanfaat untuk seluruh komponen sekolah. Seluruh komponen sekolah dapat memahami tugas dan fungsi dari sekolah. Untuk Bapak Ibu Guru dapat dengan mudah memahami KD atau kurikulum yang akan diterapkan,” kata Ibu Siti Maesaroh, S.Pd., salah satu guru peserta workshop dari SMK Muhammadiyah Sumowono. Di sisi lain menurut Ibu Sri Yuni Rachmawati, S.Pd. guru dari SMK NU Tunas Bangsa Bringin, selain mendapatkan ilmu, IHT ini juga menjadi ajang silaturahmi dengan SMKN 1 Tuntang. “Workshop IHT ini sangat membantu saya sebagai penanggungjawab penyusunan E-KTSP. Informasi terbaru terkait E-KTSP juga sudah tersampaikan,” imbuhnya.

Senada dengan pendapat-pendapat sebelumnya, menurut Ibu Yunika Intan, S.Pd., guru Bimbingan Konseling SMKN 1 Tuntang, kegiatan IHT Penyusunan E-KTSP hari ini sangat bermanfaat dan menginspirasi. Serta memberikan banyak pengetahuan baru yang bermanfaat bagi guru dalam pembelajaran terkait dengan model belajar Project Based Learning. Serangkaian acara IHT Penyusunan E-KTSP Tahun Pelajaran 2021/2022 ditutup dengan bacaan hamdalah bersama-sama.

 

Penulis: Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang