SMAN 3 Semarang Raih Emas di IPITEX 2021

Siswi SMA Negeri 3 Semarang menorehkan prestasi diajang Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) 2021 secara virtual yang diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand yang didukung oleh Ministry of Higher Education, Science, Research and Innovation Thailand. Acara IPITEX 2021 diikuti oleh lebih dari 290 Invention dari 20 Negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapore, Taiwan, Korea, Vietnam, China, Hongkong, India, Croatia, Iran, Japan, Laos, Lebanon, Macao, Phillipines, Poland, Qatar, Russia, Romania, Saudi Arabia, Sri Lanka, Sudan, kanada dan Amerika. Ajang IPITEX 2021 diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka mempringati Thailand Inventors Day, dimana acara tersebut untuk mencari dan menampilkan potensi dan hasil penemuan dan inovasi dari inovator-inovator internasional dan nasional.

Indonesia mengirimkan 41 Tim keajang IPITEX 2021 dan satu diantaranya yang berhasil meraih penghargaan medali emas yaitu tim dari SMA Negeri 3 Semarang. Anggota tim dari SMA Negeri 3 Semarang yaitu Armadina Fitra Choirunnisa, Fahreza Nurkartika Hapsari, Tengku Frederika Angelina membuat sebuah Inovasi Inkubator Bayi Portable yang tanggap cepat untuk kelahiran prematur darurat di daerah rawan bencana dengan akses listrik yang terbatas.

Armadina selaku ketua tim mengatakan bahwa Inovasi yang dibuat Rapid Response Baby Incubator adalah inkubator portabel yang murah dan terjangkau. Ini memberikan keamanan dan kenyamanan bagi bayi dan dapat menjadi solusi dalam kasus persalinan prematur darurat di daerah terpencil dengan akses listrik yang terbatas dan bantuan medis yang buruk.

Karya ini merupakan pengembangan dari karya inovasi yang sudah ada sebelumnya. Tim ini memandang karya sebelumnya masih perlu adanya pengembangan desain dan fitur agar lebih bisa memberikan manfaat.

Meskipun prestasi pada kegiatan kompetisi Internasional yang diikuti oleh Armadina ini bukan untuk pertama kalinya, namun ajang IPITEX 2021 merupakan ajang pertama yang diikuti oleh Armadina dan berhasil membawa medali emas bagi Indonesia lagi setelah medali emas yang diperolehnya di Korea pada tahun 2019 lalu. Sangat membanggakan !

Penulis : Armadina Fitra Choirunnisa, Siswa SMAN 3 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, Guru SMKN 1 Tuntang