Peringatan Harlah Pancasila di SMAN 1 Bergas dengan Upacara Berpakaian Adat

Upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2021 di SMA Negeri 1 Bergas dihadiri oleh seluruh guru dan staf yang sekaligus bertindak sebagai petugas upacara. Menariknya, seluruh peserta upacara diwajibkan untuk berpakaian adat. Dengan mengusung tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh,” upacara berlangsung dengan khidmat meski dilaksanakan di bawah terik mentari. Dalam kesempatan tersebut, Drs. Joko Sulistyo selaku pembina upacara yang juga guru PKN SMAN 1 Bergas menyitir ucapan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, “Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.”

Lebih lanjut Drs. Joko Sulistyo menyampaikan bahwa keluhuran Pancasila sebagai perwujudan bumi nusantara dengan tradisi-tradisinya yang beragam. Pancasila adalah harga mati. Jadi betapa pentingnya menempatkan Pancasila tetap menjadi bintang penjuru sebagai penggerak segala aspek kehidupan bangsa termasuk rasa kepedulian untuk saling berbagi,  mempersatukan  keberagaman untuk mengatasi semua tantangan, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang dalam mengatasi setiap kesulitan yang ada.

Nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia. Semoga peringatan ini menjadi momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan, agar Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan mandiri, berdiri di atas kaki sendiri.

Penulis : Tim IT SMAN 1 Bergas

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang