Pembinaan KSN Bidang Astronomi di SMAN 12 Semarang oleh Departemen Fisika Undip Semarang

SMA Negeri 12 Semarang memiliki visi sekolah Berkualitas, Modern, Mandiri dan Berwawasan Lingkungan. Visi tersebut diwujudkan melalui misi sekolah, yaitu Mengembangkan budaya berprestasi bagi warga sekolah, serta dituangkan dalam program kurikulum antara lain membina kegiatan lomba-lomba bidang akademik, seperti LKIR, KSN dan KGN. Untuk mewujudkan budaya prestasi, khususnya prestasi akademik bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kota Semarang, SMAN 12 Semarang menjalin kerja sama (MoA) pembinaan KSN bidang Astronomi dengan Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang dalam bentuk Pengabdian Masyarakat.

Tim pengabdian masyarakat Departemen Fisika Undip Semarang terdiri dari Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. sebagai Ketua Tim, dengan beranggotakan Dr. Eng. Ali Khumaeni, M.Eng., Prof. Dr. Wahyu Setia Budi, M.S., dan Drs. K. Sofjan Firdausi, M.Sc. Kegiatan pembimbingan dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021, yang dilakukan rutin setiap hari Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB dan bertempat di laboratorium kimia SMAN 12 Semarang.

Pembimbingan hari pertama dilaksanakan pada Jumat, 5 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting antara pihak sekolah dengan tim pengabdian masyarakat Departemen Fisika Undip Semarang. Peserta Pembinaan KSN bidang Astronomi berjumlah 5 (lima) peserta didik, yaitu Rizqi Dwi Nurcahyo Wina Putra Kelas XI-MIPA 1, Vinta Syaputri Kelas XI-MIPA 3, Norita Agustina Subagyo Kelas XI-MIPA 4, Salma Alisia Salsabila Kelas XI-MIPA 5 dan Shifa Komala Hapsari Kelas XI-MIPA 6. Kelima peserta tersebut lolos seleksi administrasi tingkat sekolah, berasal dari peminatan MIPA, berperingkat 5 (lima) besar di kelas, memiliki nilai rapor Fisika dan Matematika tidak kurang dari 88.

Pembimbingan dilaksanakan secara luring atau tatap muka dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19, yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, dan mengurangi mobilitas selama kegiatan. Meskipun bidang Astronomi cukup berbobot karena memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, memerlukan keterampilan Matematika yang memadai dan pemahaman Fisika yang baik, para peserta tetap antusias dan bersemangat mengikuti bimbingan. Terlihat para peserta hadir tepat waktu baik di awal maupun pergantian sesi. Selain itu mereka juga responsif dalam menjawab pertanyaan atau tanggapan dari narasumber, Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. maupun narasumber yang lain. Para peserta bimbingan menerima bahan ajar dalam bentuk cetak, yang kemudian dijelaskan secara jelas dan mendalam disertai penerapan dalam contoh latihan soal.

Pada hari Jumat, 4 Juni 2021, Tim KSN bidang Astronomi SMAN 12 Semarang yang diwakili 3 (tiga) peserta atas nama Rizqi Dwi Nurcahyo Wina Putra, Vinta Syaputri, dan Norita Agustina Subagyo akan berlaga pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021. SMAN 12 Semarang mempunyai target meloloskan peserta seleksi tingkat kabupaten atau kota untuk selanjutnya bisa berlaga di tingkat provinsi. Kegiatan KSN-K Tahun 2021 dilaksanakan secara daring berbasis UNBK, bertempat di laboratorium komputer sekolah dengan pengawasan silang oleh pengawas dari sekolah lain.

Untuk lebih mengefektifkan pembimbingan dan memperbesar peluang lolos KSN tingkat provinsi, sekolah memiliki strategi dengan menyiapkan pembimbing KSN bidang Astronomi dan 8 (delapan) bidang yang lain. Terdiri atas pembimbing internal dan pembimbing eksternal untuk menguatkan pemahaman dan memberikan strategi khusus menyelesaikan soal-soal standar KSN-K.

Kegiatan pembimbingan KSN bidang Astronomi oleh Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Fisika Universitas Diponegoro Tahun 2021 berakhir pada hari Jumat, 21 Mei 2021 lalu. Pada kesempatan tersebut bimbingan tetap berlangsung terjadwal mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB yang diisi dengan pembahasan soal bidang Astronomi oleh Ketua Tim Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. Pada hari terakhir tersebut di sela-sela pembimbingan, Dr. Kusno, S.Pd., M.Si. Kepala SMAN 12 Semarang menyampaikan terima kasihnya kepada Departemen Fisika Undip diwakili Ketua Tim. Yang mana telah memberikan bimbingan bidang Astronomi kepada anak-anak, serta menyampaikan permohonan maaf jika ada yang tidak berkenan selama Tim Pengabdian melakukan kegiatan di sekolah. Semoga ilmu yang diberikan oleh Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. beserta tim dapat diserap anak-anak secara optimal dan mereka dapat meraih hasil terbaik. Dr. Kusno, S.Pd., M.Si. berpesan kepada para peserta bimbingan agar selalu bersemangat dalam menggali dan mengembangkan potensi diri. Harus punya fighting spirit yang tinggi, tidak mudah menyerah jika menemui kesulitan, bersikap jujur dan berintegritas, dan memberikan prestasi terbaik.

 

Penulis : Dwi Muh Fajar Basuki, M.Pd., Guru SMAN 12 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

Anggota Tim Departemen Fisika Undip Semarang yang lain mengikuti kegiatan penerjunan secara daring melalui Zoom Meeting

Pembimbingan KSN bidang Astronomi oleh Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si., peserta mengikuti kegiatan dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19