SMKN 1 Tuntang Antusias Mengikuti Sekolah Inovatif Digital BPMPK

Sekolah Inovatif Digital (SID) merupakan salah satu program BPMPK untuk melakukan bimbingan teknis penerapan model pembelajaran inovatif ke satuan pendidikan terutama dalam memanfaatkan model multimedia pembelajaran. Pengembangan SID oleh BPMPK dimaksudkan untuk mendampingi para guru dalam melakukan perannya sebagai perencana, pelaksana, dan penilai terhadap pembelajaran yang diterapkan. BPMPK berupaya mengembangkan aplikasi-aplikasi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru guna memudahkan dalam melaksanakan peran tersebut.

Selama pendampingan, guru akan difasilitasi dan dibimbing dalam rangka memanfaatkan berbagai media pembelajaran terutama multimedia. Bahkan, akan dipantau dalam rangka mengendalikan penerapannya dan mengevaluasinya. Tak hanya mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan TIK, diharapkan dengan pengembangan SID ini guru akan lebih professional TIK-nya, guru mampu meneliti pembelajaran yang diterapkan dengan mengintegrasikan TIK dan membuat laporan implementasinya.

Melalui program ini BPMPK berupaya mengasah kemampuan sosial komunikasi para guru sehingga guru dapat berkolaborasi dan berbagi dengan koleganya. Intinya, dengan pengembangan SID diharapkan tercipta yang menjadi Guru Performa Digital (GPD) yang handal, tangguh, bertanggung jawab, dan memiliki integritas yang tinggi dalam mewujudkan pembelajaran abad 21 yang berkualitas.

SMKN 1 Tuntang ditunjuk sebagai salah satu peserta program ini. Kepala SMKN 1 Tuntang, Ardan Sirodjuddin sangat senang atas penunjukkan SMKN 1 Tuntang sebagai Sekolah Inovasi Digital. “Ini sejalan dengan visi SMKN 1 Tuntang sebagai Sekolah Standar Nasional Plus, yaitu sekolah berbasis digital dan literasi”.

Sementara itu Bayu Aji Saputra sebagai Guru Model sangat antusias dengan program ini. “Saya siap belajar untuk menjadi Guru Performa Digital (GPD) dan siap berbagi dengan teman-teman guru di sekolah”, paparnya.

Penulis : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang