SMAHA Gelar Talk Show: Memaknai Idul Adha dengan Sabar dan Tawakal

Pandemi Covid-19 yang melanda bumi kita belum berakhir. Namun, sebagai muslim yang ta’at kepada Allah, kita harus menyikapi musibah tersebut dengan bijak. Kita harus selalu sabar dan tawakal seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim Alaihisalam dan Nabi Ismail Alaihisalam dalam peristiwa yang dinamakan Idul Adha.

Kamis, 22 Juli 2021, SMA Islam Hidayatullah memperingati hari raya Idul Adha secara virtual melalui Zoom Meeting. Talk show yang mengangkat tema “Meneladani Sang Khalilullah, Sabar dan Tawakal dalam Ujian” tersebut digawangi oleh Rohis SMAHA. Seluruh siswa, guru, dan karyawan mengikuti kegiatan tersebut.

“Idul Adha berlatar belakang dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Di mana Nabi Ibrahim AS bermimpi untuk menyembelih Nabi Ismail AS. Karena keimanannya kepada Allah tinggi, maka Nabi Ibrahim Alaihisalam dan Nabi Ismail Alaihisalam melakukan hal tersebut. Akan tetapi, Allah mengganti Nabi Ismail Alaihisalam dengan hewan qurban. Kesabaran dari nabi ini memberikan hikmah kepada kita bahwa Allah maha sempurna dan menyayangi umatnya yang selalu sabar dan tawakal,” tutur kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.

Kegiatan talk show ini dimoderatori oleh Bapak Nur Huda, S.Pd.I dengan narasumber siswa bernama Muhammad Fakhri dari kelas XII MIPA 1 dan narasumber kedua siswa atas nama Nabila Hilma dari kelas XII MIPA 2. Fakhri mengajak seluruh peserta kegiatan untuk selalu tawakal kepada Allah. Contohnya seperti saat menghadapi musibah pandemi covid ini. Menurut Fakhri, dengan selalu tawakal kepada Allah  Subhanahu Wa Ta’ala maka hati kita akan tetap tenang dan tidak takut. Karena apapun yang terjadi adalah atas kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sedangkan Nabila, ia juga mengajak seluruh peserta kegiatan untuk selalu sabar. Karena akan menjauhkan kita dari perbuatan buruk, agar kita tetap melakukan kebaikan.

Kegiatan ini ditutup dengan pemutaran film pendek yang berisikan kisah Nabi Ibrahim Alaihisalam dan Nabi Ismail Alaihisalam pada saat peristiwa Idul Adha. “Alhamdulillah setelah mengikuti talk show ini saya menjadi lebih tahu mengenai makna dari hari raya Idul Adha, yaitu bentuk ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata salah satu peserta didik bernama Azell Pangestu kelas XI IPS 1. Semoga melalui talk show ini bisa menambah ketaqwaan dan kesabaran seluruh warga SMAHA, aamiin ya rabbal alamin.

 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang