SMKN 4 Semarang Sukseskan Pembelajaran Paradigma Baru (PPB) sebagai SMK Pusat Keunggulan

Jumat, 13 Agustus 2021, Kepala SMKN 4 Semarang Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si, resmi menutup kegiatan In House Training (IHT) yang telah berlangsung dari tanggal 2 sd 13 Agustus 2021 yang berlangsung secara Blended. Sebelum acara penutupan IHT, sesuai run down akan diadakan terlebih dahulu Post Test sebagai indikator tercapainya tujuan IHT dan Evaluasi Pelatihan yang bertujuan sebagai bentuk umpan balik untuk peningkatan kualitas IHT dimasa yang akan datang. Hasil IHT ini adalah tersusunnya Kurikulum Operasional Sekolah Satuan Pendidikan atau KOS SMKN 4 Semarang yang telah memenuhi prinsip penyusunan kurikulum SMK PK 2021. 

Dalam Laporannya, beliau mengapresiasi kinerja Tim IHT dan juga Komite Pembelajar serta Guru SMKN 4 Semarang yang telah berperan Aktif dan Partisipatif yang luar biasa dengan grade nilai 92 dengan kriteria Amat Baik, Para Guru dan Warga Sekolah selalu bersemangat selama 10 hari untuk menyusun kurikulum sesuai dengan Panduan Penyusunan KOS. IHT yang mendapatkan Pendampingan dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) Bandung, Dadan Hermawan,S.Pd,M.T serta Jati Handayani,SE.M.Si sebagai pendamping dari Politeknik Negeri Semarang (Polines), secara daring menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMKN 4 Semarang dan semua warga sekolah yang telah berkomitmen dalam rangka menghasilkan lulusan yang dibutuhkan di dunia pendidikan. Beliau juga menegaskan kolaborasi akan menghasilkan kemajuan SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti”. Harapannya setelah IHT ini akan muncul perubahan mindset atau pola pikir warga sekolah sehingga lulusan dapat memenuhi permintaan industri, Lulusan yang bersemangat, bekerja keras dan bekerja Cerdas sehingga Tuntas akan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan industri dan menjiwai nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Amanah UUD 1945. 

Dalam laporannya, Drs. Bambang Sujatmiko.M.Si menyatakan Dokumen KOS dapat dilaksanakan pada tahun ini dan mengajak kepada semua guru agar aktif mengakses beberapa platform digital serta mengaktifkan akun belajar.id, platform sumber daya sekolah, platform guru dan platform rapor pendidikan untuk mendukung implementasi pembelajaran guna peningkatan mutu pendidikan di SMKN 4 Semarang. 

Menjadi guru yang selalu update dan upgrade teknologi, aktif dalam peningkatan karir guru dan selalu memanfaatkan serta mengembangkan variasi dalam teknik mengajar, mengkolaborasi dan mengkombinasikan metode mengajar sehingga pengajaran menjadi lebih bermutu dan selalu berpusat pada peserta didik yang merupakan prinsip dalam penyusunan KOS. 

Penyusunan Dokumen KOS SMKN 4 Semarang yang juga sosialisasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang didalam aplikasi tersebut kaya akan sumber keilmuan yang dapat diakses merupakan hal positif yang harus disikapi dengan optimistic sehingga pemberian materi pada proses pembelajaran lebih menekankan pada penilaian formatif yang akan menciptakan atmosfir pendidikan siswa dengan pendekatan yang lebih holistic, variatif dan berkualitas sehingga lulusan yang dihasilkan benar-benar kompeten dan kompetitif di dunia kerja ataupun dunia pendidikan. SMK Bisa, SMKN 4 Semarang Jaya, Ukir Prestasi Tiada Henti, Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia. 

 

Penulis : Ice Faulia,S.Pd,M.Si 

Editor : Nenden Oktafia, S. Kom