Pramuka SMK N 4 Semarang Tetap “Ukir Prestasi Tiada Henti” Dimasa Pandemi

Dalam kegiatan ajang kompetisi Gladi Widya Satya Hannung Mahardika yang ke X atau yang familiar disebut GWSHM X tersebut Pramuka SMK N 4 Semarang yang bernama Ambalan Budi Utomo tetap menunjukan slogan kebanggaannya yaitu “Ukir Prestasi Tiada Henti”. Dalam kegiatan GWSHM X ini tentunya diikuti oleh beberapa pangkalan / sekolah lain dalam tingkatan SMA/Sederajat. Namun suatu kebanggaan besar yang dapat diraih oleh siswa SMK N 4 Semarang tersebut tentunya bukan hal yang biasa. Tetap berprestasi meskipun masih dalam suasana Covid-19 ini pasti sangat luar biasa, apalagi pada masa PPKM yang semakin diperketat ini.

Kegiatan Gladi Widya Satya Hannung Mahardika (GWSHM) merupakan kegiatan lomba kompetisi pramuka penegak SMA/Sederajat yang pelaksanaannya setiap 1 tahun sekali. Diadakannya kegiatan kompetisi GWSHM  dengan tujuan sebagai ajang kompetisi dan kreativitas Pramuka Penegak SMA/Sederajat dan juga wadah pembinaan Kwartir Cabang Kota Semarang untuk Pramuka Penegak SMA/Sederajat. Kegiatan GWSHM X dilaksanakan pada tanggal 1-8 Agustus 2021. Kegiatan GWSHM X ini dilakukan secara daring atau virtual dirumah masing-masing. Muhammad Syifa’ Nuqoba sebagai Ketua sangga kerja atau panitia kegiatan GWSHM X menyampaikan “ kegiatan GWSHM tahun ini  sudah berjalan dengan lancar akan tetapi kurang adanya antusias peserta SMA/Sederajat untuk mengikuti kompetisi pramuka ini, dikarenakan kondisi sekarang yang sedang dilanda oleh pandemi Covid-19, maka dari itu kegiatan kompetisi GWSHM X ini diadakan secara online, dari sangga kerja atau panitia kompetisi GWSHM X sudah mengkonsep dan mengemas sedemikian rupa supaya kegiatannya tetap menarik dan menjadi ajang kreativitas bagi Pramuka Penegak SMA/Sederajat” Ujarnya, Rabu(18/8.2021).

2 siswa kelas 12 SMK N 4 Semarang dari jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) yang bernama Ahmad Syaifudin dan Krismahayana Sugesti Biascahya Sakti berhasil membawa 2 piala dari 2 cabang perlombaan. Siswa tersebut merupakan teman satu kelas yang mengikuti organisasi Pramuka Ambalan Budi Utomo. Prestasi yang mereka persembahkan untuk almamater tercintanya diantaranya Juara 1 Artikel Berita Putra dan Juara 2 Pawarta Jawi Putri.

Prestasi ini tentunya menjadi suatu kebahagiaan dan kebanggaan untuk Drs. Bambang Sujatmiko, M.Si sebagai kepala sekolah beserta guru-guru dan seluruh pihak di SMK N 4 Semarang karena berkat dukungan dan motivasinya 2 siswa tersebut bisa meraih prestasinya. Pembina Ambalan Budi Utomo Berti Sagendra, S.Pd,M.Pd pastinya sangat bahagia akan kabar prestasi ini yang merupakan suatu keberhasilan anak didiknya yang sangat dinanti-nanti olehnya. Krismahayana Sugesti Biascahya Sakti yang merupakan Juara 2 Pawarta Jawi Putri mengungkapkan perasaannya “tentunya senang ya karena ini juga lomba pertama pawarta jawi saya dan semuanya pakai bahasa jawa gitu jadi butuh bimbingan juga dari orang yang memahaminya” ujarnya, Rabu(18/8/2021). Rasa bangga ini tentunya harus diiringi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat nikmat darinya SMK N 4 Semarang tetap menunjukkan slogan kebanggannya “Ukir Prestasi Tiada Henti”. Tetap jaya SMK N 4 Semarang dan tetap melahirkan murid yang berkualitas untuk sekarang juga selamanya.  

 

Penulis  : Ahmad Syaifudin
Editor    : Nenden Oktafia, S. Kom