SMKN 4 Semarang “Ukir Prestasi Tiada Henti” Gelar Resosialisasi Disiplin Pegawai

Selasa, 24 Agustus 2021 bertempat di Aula Utama SMKN 4 Semarang berlangsung acara “ Resosialisasi Disiplin Pegawai” berlangsung secara Blended, Acara diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Run Down acara dimulai pukul 08.45 sd 11.30 WIB. Acara diikuti seluruh Guru baik ASN,GTT,PTT. Acara dibuka oleh Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si selaku Kepala SMKN 4 Semarang dengan pemaparan PP No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai, Pergub No. 51 Tahun 2016 tentang Hari dan Jam Kerja serta SKP secara elektronik, Pergub No.2 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Pergub No.51  Tahun 2016. Secara garis besar  beliau menekankan pada Tupoksi sebagai PNS serta menjalankan tugas utama mencerdaskan kehidupan bangsa, membiasakan mentaati peraturan sebagai suatu kesadaran atas kesepakatan bersama sehingga kinerja lebih tertib dan teratur. Point  terpenting adalah selalu mengutamakan kepentingan negara  diatas kepentingan   pribadi atau golongan, menekankan pada loyalitas sebagai abdi negara yang bertanggung jawab dan patut menjadi teladan.

Dr. Edi Drajat W, M.Pd selaku Pengawas Pembina SMK  Cabang Dinas Wilayah 1 secara Daring memberikan sambutan dengan memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah atas inisiatif dalam rangka Penguatan loyalitas pegawai di lingkungan SMKN 4 Semarang sehingga Kehormatan sebagai salah satu Sekolah Pusat Keunggulan sebagai Brench March atau Rujukan bagi sekolah lain dapat terwujud. SMKN 4 Semarang  dengan slogan “ Ukir Prestasi Tiada Henti menjadi suatu patokan atau tolak ukur sebagai sekolah unggul baik unggul dalam mutu lulusan, kompetensi SDM maupun dalam pengelolaan proses pembelajaran. Beliau juga menegaskan kembali tupoksi ASN sebagai Pelayan Masyarakat dalam bidang Pendidikan dalam artian memberikan pelayanan yang prima  kepada siswa maupun  masyarakat secara prima, hal lain juga ditekankan beliau bahwa Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi ini harus memperhatikan aspek siswa maupun orangtua dan guru sehingga penyelenggaraan pendidikan di institusi ini menjadi pembelajaran bermakna dan berlangsung menyenangkan dengan memanfaatkan aplikasi yang ada.

Acara dilanjutkan dengan paparan Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana dan Ketenagaan oleh Berty Sagendra,S.Pd,M.Pd menjelaskan secara detail tentang Aplikasi Sinaga dan Juga Pemutakhiran My SAPK BKN, hal ini merupakan resosialisasi aplikasi presensi pegawai dan juga update data kepegawaian sehingga guru di lingkungan SMKN 4 Semarang memahami secara benar tentang aplikasi ini. Dengan menjelaskan step by step simulasi aplikasi Sinaga dan My SAPK menjadikan seluruh Guru paham tentang pemanfaatan aplikasi secara optimal. Acara dilanjutkan dengan paparan  Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubin, Ice Faulia,S.Pd,M,Si dengan menekankan pada ruh SMK sebagai sekolah kejuruan dan terus meningkatkan program yang berhubungan dengan industri khususnya implementasi 8 + i nya. Menciptakan SMKN 4 Semarang sebagai Sekolah Pusat Keunggulan dengan peningkatan loyalitas kinerja guru dan karyawan dan perubahan mindset positif tentang Sekolah Kejuruan. Sukses bersama melalui kerja Tim yang sinergis dan berkelanjutan adalah sasaran dari kegiatan ini. Acara ditutup dengan pengucapan Ikrar sebagai Warga SMKN 4 Semarang yang loyal terhadap Bangsa, Negara dan Institusi. Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, Menumbuhkan jiwa patriotisme  dengan kesadaran utuh dan  konsisten menjalankan peran sebagai agen perubahan menuju kemajuan negeri dengan kiprah sebagai Pendidik yang akan melahirkan lulusan yang kompeten ber Profil Pelajar Pancasila, SMKN 4 Semarang jaya, Ukir Prestasi Tiada Henti, SMK Bisa, Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia.

Penulis : Ice Faulia,S.Pd,M.Si
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom