Simulasi Pembelajaran Tatap Muka SMA Negeri 6 Semarang

Pada hari Senin, tanggal 30 Agustus 2021 SMA Negeri 6 Semarang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas SMA/SMK/SLB di Jawa Tengah sebelum melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Simulasi pembelajaran tatap muka dilakukan dengan ketentuan maksimal 30 persen dari seluruh peserta didik SMA Negeri 6 Semarang. Dalam pelaksanaanya simulasi pertama ini SMA Negeri 6 Semarang belum memaksimalkan kapasitas 30 persen dari ketentuan yang diberikan Dinas Provinsi Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah. Dalam simulasi ini SMA negeri 6 Semarang memprioritaskan peserta didik kelas XII dua rombel, XI dua rombel, X dua rombel. Masing-masing rombel terdiri dari 18 peserta didik. sehingga dperoleh total keselurannya 72 peserta didik.

Dalam pembelajaran tatap muka yang berlangsung ini tentunnya peserta didik yang sudah disetujui oleh orang tua dari masing- masing peserta didik yang mengikuti simulasi PTM. Selain itu, SMA Negeri 6 Semarang juga sudah memilki kesiapan protokol kesehatan yang ketat dalam simulasi pembelajaran tatap muka ini. Simulasi pembelajaran tatap muka ini dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka terbatas yang akan datang.

Pelaksanaan simulasi PTM hari pertama dilakukan monitoring oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Pengawas Pembina SMA Negeri 6 Semarang, Koramil, Kepala Puskesmas Lebdosari, Satgas covid dan dari pihak Kecamatan Semarang barat. Pelaksanaan Simulasi PTM diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk menjalankan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM).

Penulis: Wawan Juliyanto, S.Pd. SMA Negeri 6 Semarang.